Advertorial

6 Tips Agar Tetap Produktif Selama Bekerja dan Belajar di Rumah

Kompas.com - 07/04/2020, 20:15 WIB

Kerja dan belajar dari rumah (work from home/school from home) menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini. 

Terkait dengan situasi global saat ini, pemerintah Indonesia pun sudah mengeluarkan himbauan untuk meniadakan pertemuan langsung dan melakukan segala aktivitas di rumah. Aktivitas yang dimaksud termasuk bekerja, belajar, hingga beribadah. 

Logitech sebagai brand teknologi peripherals dunia ingin membagikan tips terbaik bagi Anda agar tetap produktif meskipun bekerja atau belajar dari rumah. 

1. Persiapkan peralatan bekerja atau belajar Anda

Tips yang pertama, lakukan persiapan untuk bekerja atau belajar dari rumah. Persiapan dimulai dari mempersiapkan peralatan seperti laptop atau PC, mouse, keyboard, headset, serta webcam

Semua peralatan tersebut akan menunjang kegiatan bekerja maupun belajar dari rumah Anda. Logitech menyediakan berbagai peripherals dengan teknologi Swiss yang dapat membuat kegiatan bekerja maupun belajar Anda tetap produktif. 

2. Persiapkan software untuk konferensi video

Selain peralatan, siapkan juga video conferencing software seperti ZOOM, Google Hangouts, dan lain sebagainya. Pastikan software bekerja dengan baik.

Pencahayaan adalah kunci dari terciptanya gambar konferensi video yang baik. Merupakan sebuah keunggulan jika Anda memiliki monitor kedua untuk konferensi video.

Kegunaan monitor kedua adalah ketika Anda melakukan share screen pada saat konferensi video, Anda tetap dapat melihat layar dari para peserta di screen kedua.

3. Siapkan tempat khusus

Selanjutnya, siapkan tempat yang dikhususkan untuk bekerja atau belajar dari rumah. Misalkan di ruang kerja, ruang tamu, atau bahkan ruang makan keluarga. Siapkan juga tempat alternatif seandainya tempat yang dikhususkan tersebut sedang dipakai.

Berikutnya, bagi Anda yang bekerja dari rumah tetap harus menetapkan waktu kerja yang sesuai dengan waktu kantor dan juga waktu istirahat.

Salah satu hal terpenting lainnya adalah, memberitahu kepada lingkungan sekitar Anda jika Anda berencana bekerja atau belajar dari rumah.

Hal ini dapat memberi pengertian kepada mereka untuk memperlakukan Anda seperti bekerja di kantor ataupun belajar di sekolah/kampus.

Belajar dan bekerja di rumah semakin nyaman persiapan yang tepatDok. Logitech Belajar dan bekerja di rumah semakin nyaman persiapan yang tepat

4. Tetapkan pola yang konsisten

Setelah persiapan selesai, mulailah siapkan diri Anda untuk bekerja atau belajar dari rumah. Tentu, Anda dapat bangun lebih siang, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk beristirahat dengan cukup.

Anda juga harus membuat pola yang konsisten, dari bangun hingga mulai bekerja. Jangan lupa untuk tetap konsisten dengan waktu yang sudah Anda tetapkan.

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan Google Suites (Document, Sheet, ataupun Slides) sebagai perangkat kolaborasi bersama rekan kerja atau teman sekolah Anda.

5. Kolaborasi dengan rekan kerja atau teman sekolah Anda

Selama periode bekerja atau belajar dari rumah, Anda juga harus lebih proaktif dalam berkomunikasi. Menghubungi seseorang beberapa kali dalam sehari adalah hal yang wajar.

Anda juga harus mengantisipasi jumlah komunikasi via WhatsApp, Telepon, SMS, maupun video conferencing software. Jangan lupa untuk mengalihkan semua pertemuan face to face ke virtual meeting.

6. Berikan penghargaan untuk diri Anda

Setelah semua tips di atas dilakukan, berikan penghargaan terhadap diri Anda dan orang terkasih dengan makan malam bersama keluarga.

Mungkin kegiatan ini jarang Anda lakukan di saat-saat normal berhubung dengan kesibukan yang Anda miliki. Dengan bekerja atau belajar dari rumah, Anda dapat memberikan perhatian dan kasih lebih terhadap keluarga.

Dengan mengikuti anjuran dari pemerintah untuk tetap di rumah, kita pasti bisa untuk melewati situasi global ini bersama-sama. Konsistensi serta komitmen adalah hal yang diperlukan untuk bisa tetap produktif meskipun bekerja atau belajar dari rumah.

Ingat, tetap jaga kesehatan dan sebarkan semangat positif ke siapa saja.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com