Advertorial

32 Tahun Lintasarta Terapkan Teknologi di Berbagai Sektor Industri

Kompas.com - 08/04/2020, 22:59 WIB

Tahun ini, Lintasarta memperingati 32 tahun kehadirannya dalam memberikan layanan terbaik bagi berbagai pihak. Lintasarta membantu baik pemerintah maupun perusahaan dalam mengembangkan dan memajukan bisnis melalui teknologi terdepan.

Di tengah pandemi yang saat ini terjadi, semangat Lintasarta untuk terus mendukung berbagai pihak dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis pun tidak surut.

Lintasarta memberikan dukungan pada imbauan pemerintah yang mengharuskan masyarakat bekerja dari rumah atau work from home. Lintasarta mengupayakan kenyamanan dan produktivitas masyarakat saat bekerja dari rumah melalui solusi berbasis teknologi.

Sejalan dengan semangat tersebut, pada hari jadinya tahun ini, Lintasarta tetap menunjukkan komitmennya untuk membantu Indonesia terus tumbuh, hingga ke pelosok negeri.

Layanan Lintasarta diakui secara nasional dan internasional

2019 menjadi tahun yang bermakna bagi Lintasarta. Sepanjang tahun tersebut, Lintasarta menerima sejumlah penghargaan berkat layanan teknologinya yang mampu membantu banyak pihak.

Sejumlah penghargaan yang diterima Lintasarta di 2019, di antaranya adalah Best IT Data Tech & AI Governance by Data Gov Ai, Cloud Infrastructure Service Provider of The Year by Frost & Sullivan, First Cloud Provider in Indonesia Who Received PCI DSS certification from TÜV Rheiland, Top Digital Data Center, Cloud, Data Communication by Itech.

Pencapaian tersebut membuat Lintasarta mempertahankan eksistensinya dan diakui di kancah nasional hingga internasional.

Selain itu memperkuat posisi Lintasarta sebagai karya anak bangsa Indonesia dan membuktikan komitmennya untuk terus membantu perkembangan industri digital di Indonesia hingga mampu bersaing dengan negara-negara maju.

Lintasarta berinovasi dengan terus-menerus memperbarui layanannya. Maret 2020, Lintasarta meningkatkan layanan cloud pada data center-nya yang berlokasi di Technopark, Tangerang Selatan, dengan meningkatkan Flash SSD Storage .

Ini merupakan program lanjutan dari tahun sebelumnya, untuk tetap memberikan pelayanan prima bagi pelanggan Lintasarta Cloud Services. Pelanggan yang sudah menggunakan layanan ini akan mendapatkan upgrade flash SSD storage tanpa dikenakan biaya.

Layanan Lintasarta Data Center telah memiliki sertifikasi Tier 3 Facility dari Uptime Institute. Sertifikat ini menunjukkan bahwa Lintasarta Data Center memiliki kompetensi, kapasitas besar, dan andal.

Selain itu terbukti memiliki high availability dengan didukung dual power source yang berbeda, jaringan luas, serta sumber daya manusia yang berkualitas.

Mendukung talenta digital melalui beasiswa Lintasarta

Lintasarta juga turut berkomitmen mendukung pengembangan talenta digital di Indonesia. Sejak Februari 2020, Lintasarta memberikan program beasiswa Lintasarta melalui Lintasarta Digischool.

Program beasiswa ini bertujuan mencetak programmer dan developer muda Indonesia di berbagai wilayah yang siap bersaing di era ekonomi digital saat ini. Menyambut ulang tahun Lintasarta ke-32, Lintasarta memberikan 3.200 beasiswa bagi siswa aktif atau lulusan SMK.

Peserta tidak diharuskan mahir dalam pemrograman. Selama memenuhi persyaratan, peserta dapat mempelajarinya terlebih dahulu secara online di semua kelas level pemula sebelum mengikuti level lanjutan. Persyaratan selengkapnya bisa disimak di laman Lintasarta Digischool.

Lintasarta Mobile Workforce VPN

Eksis hingga 32 tahun juga tidak membuat Lintasarta berpuas diri dan berhenti berinovasi. Menandai ulang tahun Lintasarta yang ke-32, sejumlah inovasi sudah dirancang sedemikian rupa. Tahun ini, Lintasarta menghadirkan layanan baru yaitu Lintasarta Mobile Workforce VPN dan Lintasarta Managed Security Operation Center (SOC).

Tidak banyak yang menyadari bahwa bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dapat memberikan dampak negatif terhadap keamanan sistem jaringan internal perusahaan.

Hal ini terjadi karena sebagian besar karyawan mengakses jaringan perusahaan dari rumah tanpa menggunakan sistem yang aman, sehingga sangat rentan untuk terkena serangan siber.

Lintasarta Workforce VPN merupakan system keamanan yang memastikan koneksi antar jaringan perusahaan tetap aman dan dapat diakses di mana saja.

Tidak hanya itu, stabilitas bandwidth yang berkualitas tinggi di jaringan perusahaan juga perlu diperhatikan.

Seperti Lintasarta internet dedicated, VPN memiliki rasio 1:1 sehingga internet dapat digunakan sepenuhnya tanpa harus berbagi dengan pengguna lain, latensi dan jitter yang rendah memastikan segala aktivitas bisnis tetap berjalan lancar dan optimal di manapun dan kapanpun.

Dalam rangka ulang tahun yang ke-32, serta mendukung imbauan pemerintah, Lintasarta telah menyediakan penawaran khusus untuk pelanggan existing dan calon pelanggan untuk membantu bisnis pada masa WFH.

Lintasarta Managed Security Operation Center (SOC)

Lintasarta Managed Security Operation Center hadir untuk memperkuat layanan keamanan IT. Layanan ini mengerahkan security analis yang secara aktif melakukan monitoring dan memberikan peringatan saat ada ancaman terdeteksi.

Pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui Whatsapp, telepon, serta email. Selain itu, pelanggan dapat mengakses layanan ini melalui dashboard khusus yang dapat diakses melalui web browser.

Mendukung program pemerintah untuk pengembangan startup, Lintasarta membentuk program 'Appcelerate' yang merupakan program inkubasi dan akselerasi startup bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi ternama seperti ITB, UGM dan ITS.

Fokus dari program Appcelerate adalah menumbuhkan startup pada segmentasi pasar B2B. Sehingga sedikit berbeda dengan startup yang umumnya fokus kepada B2C. Lintasarta akan memberikan dukungan GTM (Go to Market) untuk startup yang tergabung dalam Appcelerate.

Beberapa produk yang telah berhasil dikembangkan di tahun 2019 adalah Electronic Know Your Customer (eKYC) dan SKOTA Wisata atau platform yang dapat mempromosikan industri pariwisata suatu daerah.

Lintasarta juga terus memberi dukungan kepada pemerintah daerah seperti dalam mengimplementasikan Smart City di Mimika, Papua yang dilakukan pada awal tahun ini.

Tentu saja, kerja sama ini tidak terbatas pada satu wilayah saja. Namun implementasi smart city di wilayah tersebut menjadi wujud komitmen Lintasarta dalam mendorong pertumbuhan digitalisasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Kiprah Lintasarta di Indonesia selama 32 tahun ini menjadi bukti bahwa teknologi memiliki peranan penting dalam pengembangan berbagai sektor. Berbekal pengalaman tersebut, Lintasarta akan terus mewujudkan kontribusi dalam perkembangan industri di Indonesia melalui serangkaian teknologi yang terkini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com