Advertorial

4 Tips Cermat Beli Handphone Baru dengan Uang THR

Kompas.com - 09/04/2020, 10:38 WIB

Tak terasa, dalam waktu kurang dari satu bulan seluruh umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan. Selain puasa dan tarawih, bulan Ramadhan di Indonesia juga di warnai dengan berbagai momen menyenangkan, seperti berbuka puasa bersama keluarga atau teman.

Dari sekian banyak momen, cairnya uang tunjangan hari raya (THR) pun menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu.

THR merupakan bonus atau pendapatan tambahan yang diberikan perusahaan untuk pekerjanya menjelang hari raya keagamaan. Bonus tersebut diberikan untuk membantu pekerja memenuhi kebutuhan hari raya.

Selain digunakan untuk kebutuhan hari raya, tidak ada salahnya menggunakan uang THR untuk membeli barang yang diinginkan. Misalnya, mengganti handphone lama dengan yang baru.

Tentunya Anda ingin membeli handphone yang lebih bagus dari yang digunakan sebelumnya. Namun, sebelum meluncur ke toko, ada beberapa tips cermat yang bisa diikuti agar Anda mendapatkan handphone impian dengan harga terbaik.

Berikut Kompas.com telah merangkum tips-tipsnya untuk Anda.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Mencari handphone yang tepat terkadang tidak mudah. Apalagi di tengah beragamnya pilihan serta teknologi yang ditawarkan.

Untuk itu, salah satu langkah penting yang perlu dilakukan sebelum membeli handphone baru adalah mengetahui spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan.

Misalnya, Anda yang gemar fotografi atau videografi bisa mencari handphone dengan kamera terbaik. Bagi gamer, dapat memilih handphone dengan kapasitas RAM dan layar besar.

Selain itu, Anda juga bisa lebih berhemat karena fitur serta teknologi smartphone tersebut bisa mendukung aktivitas sehari-hari.

  1. Tentukan anggaran

Setelah mengetahui spesifikasi handphone yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menentukan jumlah anggaran yang digunakan. Sebaiknya Anda menyesuaikan anggaran dengan kondisi keuangan dan kebutuhan sehari-hari.

Jangan memaksakan diri membeli handphone baru yang harganya di luar kemampuan keuangan. Apalagi sampai menghabiskan semua uang THR yang diterima. Pasalnya, tindakan tersebut bisa menimbulkan masalah keuangan di masa mendatang.

Selain itu, langkah ini juga dapat mempermudah dalam mencari produk yang sesuai. Contohnya, dana yang dimiliki sekitar Rp 2–3 juta. Saat mencari referensi produk Anda bisa menggunakan kata kunci ‘handphone 2 jutaan’. Setelah itu tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Cek garansi

Ketika membeli handphone baru, pastikan unit yang dibeli mendapatkan garansi resmi dari produsen atau distributor. Garansi merupakan jaminan kualitas yang diberikan perusahaan atau produsen untuk pelanggannya.

Layanan garansi yang diberikan pun bervariasi, bisa berupa jasa perbaikan, penggantian suku cadang, hingga penggantian unit baru.

Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang apabila handphone mengalami kendala atau kerusakan di kemudian hari.

  1. Manfaatkan promo

Agar bisa mendapatkan handphone impian dengan harga terbaik, tidak ada salahnya memanfaatkan berbagai promosi yang ditawarkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan handphone dengan harga lebih murah dari biasanya.

Misalnya, memanfaatkan berbagai promo Ramadhan seru yang diselenggarakan Tokopedia mulai 1 April – 31 Mei 2020.

Salah satu program yang tidak boleh dilewatkan adalah Cazy Deals, yang berlangsung setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 14.00.

Lewat program tersebut Anda bisa mendapatkan potongan harga hingga 99 persen untuk berbagai kategori produk, termasuk handphone.

Tokopedia juga menyediakan berbagai kebutuhan Ramadhan dengan berbagai promo, yakni gratis ongkos kirim hingga 5 kali sehari, tambahan kupon cashback, dan penawaran menarik lainnya.

Jangan lupa juga gunakan OVO untuk setiap transaksi di Tokopedia. Anda juga bisa top-up saldo OVO melalui Tokopedia agar semua transaksi belanja online lebih praktis.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com