Advertorial

Sambut Ramadan, Ini Persiapan Lebaran di Rumah Jelang Hari Raya

Kompas.com - 11/04/2020, 10:34 WIB

Tak sampai sebulan lagi kita akan segera memasuki bulan Ramadan, dimana para umat muslim akan menjalankan ibadah puasa.

Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, lebaran tentunya menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh banyak orang. Momen ini menjadi perayaan sekaligus ajang silaturahmi antar keluarga dan kerabat terdekat.

Agar momen Idul Fitri dapat berjalan lancar dan nyaman, tentunya diperlukan beberapa persiapan, terutama untuk kamu yang merayakannya di rumah.

1. Membersihkan dan menghias rumah

Kamu bisa mulai persiapan dengan membersihkan rumah dan perlengkapannya. Mulai dari ruang tamu, kamar mandi, hingga semua perabotan yang ada di rumah. Kamu juga bisa membersihkan perlengkapan ibadah agar lebih nyaman saat digunakan olehmu dan keluarga.

Selain itu, kamu juga bisa mendekorasi rumah agar suasana lebaran semakin terasa meriah. Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecat atau memasang wallpaper dinding. Hal ini akan memberi nuansa baru dan segar di rumahmu saat keluarga dan kerabat berkunjung.

2. Siapkan baju lebaran

Membeli baju lebaran untuk dikenakan saat Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Tak hanya pakaian, kamu juga bisa membeli berbagai macam aksesori seperti sepatu atau sandal baru untuk melengkapi penampilanmu saat lebaran nanti.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai promosi yang seringkali diadakan toko-toko pakaian di pusat perbelanjaan atau online shop agar bisa lebih berhemat untuk membeli baju lebaran.

3. Belanja bahan-bahan makanan

Nah, perayaan Idul Fitri tentunya belum lengkap tanpa hidangan khas lebaran. Sebut saja ketupat, opor ayam, semur daging, dan lain sebagainya yang menemani momen silaturahmi keluarga dan kerabat di rumah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan menu hidangan dan bahan-bahan makanan untuk lebaran nanti. Terlebih saat ini berbelanja bahan makanan semakin mudah dengan hadirnya toko sembako daring seperti Sayurbox.

4. Amplop lebaran

Tradisi lain yang menjadi bagian dari perayaan Idul Fitri adalah memberi uang tunjangan hari raya (THR) kepada sanak saudara yang berusia lebih muda, terutama untukmu yang sudah bekerja dan berkeluarga.

Selain itu, momen lebaran juga menjadi kesempatan untuk berbagi rezeki kepada mereka yang kurang beruntung. Oleh karena itu, penting untuk kita menyisihkan sedikit uang untuk amplop lebaran sebelum menyambut Idul Fitri yang akan datang.

Kamu bisa memenuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Selain berbagai promo selama Ramadan, Tokopedia juga menghadirkan banyak hadiah dan berbagai penawaran menarik selama 1 April - 13 Mei 2020!

Agar belanja online di Tokopedia semakin praktis, jangan lupa top-up Ovo kamu ya!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com