Advertorial

Mitra Binaan Pertamina Beralih Produk UMKM untuk Bantu Tangani Covid-19

Kompas.com - 22/04/2020, 14:13 WIB

Wabah Covid-19 yang tengah melanda Indonesia membuat tantangan sendiri bagi para pelaku UMKM. Pasalnya, banyak UMKM yang terpaksa banting setir mengganti produknya agar tetap bisa beroperasi.

Seperti yang dilakukan oleh para UMKM binaan Pertamina yang kini memilih untuk memproduksi berbagai produk yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-10, seperti masker, baju hazmat, hand sanitizier, disinfektan, dan wastafel portabel.

“Pelaku UMKM menghadapi tantangan berat di tengah pelambatan ekonomi akibat Covid-19. Pertamina terus berupaya menjaga keberlangsungan hidup UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan ini,” ujar Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (21/04/2020).

Menurutnya, UMKM fashion dan home decoration banyak berekspansi menjadi produsen masker, sementara UMKM produsen aksesori beralih memproduksi hand sanitizier.

“Pertamina ingin terus memberdayakan UMKM yang menjadi mitra binaan agar tetap produktif, juga sekaligus membantu kebutuhan tenaga medis dan masyarakat umum dalam menghadapi Covid-19. Jadi, ibarat peribahasa, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui,” ujar Fajriyah.

Selain itu, Pertamina juga memberdayakan mitra binaan yang memproduksi kebutuhan logistik serta makanan dan minuman.

Salah satu mitra binaan Pertamina kini memproduksi masker untuk bantuan covid-19.Dok. Pertamina Salah satu mitra binaan Pertamina kini memproduksi masker untuk bantuan covid-19.

Tak ketinggalan produk herbal seperti jahe merah dan madu yang dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh juga menjadi produk UMKM binaan Pertamina.

Dari 164 mitra binaan Pertamina, hingga saat ini sebanyak 66 mitra binaan yang telah memasok berbagai bantuan Pertamina dengan nilai Rp 955 juta. Bantuan tersebut telah disalurkan ke berbagai rumah sakit, Puskesmas, Posko Satgas Covid-19, serta masyarakat umum.

Para mitra binaan tersebut diberi arahan untuk mengoptimalkan penjualan secara digital dengan memanfaatkan market place dan media sosial.

Nantinya diharapkan seluruh mitra binaan dan 420 UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB) di seluruh Indonesia akan siap memasok bantuan untuk Covid-19.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com