Advertorial

Pertamina Donasikan APD untuk Sejumlah Faskes di Kabupaten Bogor

Kompas.com - 27/04/2020, 07:48 WIB

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona di Indonesia terus menunjukan peningkatan dari hari ke hari. Mengutip situs Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, www.covid19.go.id, Minggu (26/4/2020) terdapat 8.882 pasien terkonfirmasi positif.

Sebanyak 1107 orang dinyatakan sembuh. Sementara, 743 orang meninggal dunia serta 7032 orang diantaranya masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Seiring dengan terus bertambahnya pasien yang terjangkit virus corona, kebutuhan akan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan pun kian meningkat. APD saat ini menjadi kebutuhan mendasar tenaga medis untuk melindungi diri dalam menangani pasien Covid-19.

Hal tersebut, menjadi perhatian PT Pertamina (Persero) dalam menyalurkan bantuan penanganan pandemik Covid-19 salah satunya APD.

Kali ini Pertamina menyalurkan bantuan APD bagi rumah sakit, klinik, maupun Puskesmas yang merupakan fasilitas kesehatan pertama, rujukan bagi para pengguna BPJS, di wilayah Kabupaten Bogor.

Bantuan berupa 500 APD disposable, 50 pasang sepatu boot medik, 10 set APD lengkap, 50 masker KN-95, serta 20 botol hand sanitizer.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Corporate Secretary Pertamina Tajudin Noor kepada Iryanto, Direktur Eksekutif Yayasan Bhakti Suratto dan dr Hasanah, Kepala Klinik Rumah Sehat Cikeas (RSC), Sabtu (25/04/2020).

Rasa terima kasih disampaikan dr Hasanah atas bantuan tersebut. Selain akan dimanfaatkan di Rumah Sehat Cikeas (RSC), bantuan juga akan dibagikan ke beberapa fasilitas kesehatan lainnya yang berada di sekitar Kabupaten Bogor, yakni Kecamatan Cileungsi, Caringin, Dramaga, Ciampea, Cibinong, Citereup, Cariu, Klapanunggal, dan Bojong Gede.

“Bantuan Pertamina sangat bermanfaat bagi kami karena Rumah Sehat Cikeas juga merupakan faskes tingkat pertama yang melayani pasien BPJS di wilayah ini," jelasnya.

Tajudin Noor berharap, bantuan Pertamina tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi para tenaga kesehatan baik dokter dan paramedis di wilayah Kabupaten Bogor.

Dia menambahkan, kontribusi Pertamina bagi masyarakat dalam kondisi pandemik Covid-19 diwujudkan melalui program kemitraan, dengan menggandeng usaha mikro menengah binaan Pertamina untuk memproduksi peralatan kesehatan, seperti masker kain, face shields, produk wastafel dan produk pangan.

Selain itu, program bina lingkungan di bidang kesehatan dengan menyalurkan bantuan APD dan alat kesehatan bagi fasilitas kesehatan.

"Pertamina senantiasa berkomitmen untuk hadir melayani masyarakat, baik dalam pelayanan energi maupun sosial," pungkas Tajudin.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com