Advertorial

Di Ajang PRIA 2019, Pertamina Raih Platinum Award

Kompas.com - 27/04/2020, 11:13 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) memperoleh apresiasi tertinggi Platinum Award di ajang kompetisi Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2019, pada Senin (20/4/2020).

Pada acara tersebut, Pertamina berhasil meraih 25 penghargaan dari 10 sub kategori, yaitu brand guideline, program Public Relation (PR), owned media, kanal digital, manajemen krisis dan laporan tahunan.

Bukan hanya itu, Pertamina juga memperoleh penghargaan atas kategori program Corporate Social Responsibility (CSR), departemen PR dan perusahaan terpopular di media.

Ajang apresiasi penghargaan ini diselenggarakan Public Relation (PR) Indonesia dan diumumkan secara daring atau melalui media online.

Pertamina mendapatkan penghargaan ini karena telah menghimpun penghargaan terbanyak pada kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Anak Usaha BUMN.

Pada kategori terpopular di media, PR Indonesia bekerja sama dengan iSentia Indonesia melakukan monitoring pemberitaan.

Kegiatan monitoring tersebut dilakukan dengan memperhatikan unsur eksposur positif terbanyak dari ratusan korporasi, lembaga,kementerian atau pemerintah daerah di 176 media cetak mainstream Indonesia sepanjang tahun 2019.

Selanjutnya, dari hasil mainstream media monitoring tersebut, Pertamina dinobatkan sebagai salah satu BUMN terpopular di media.

Selain Pertamina, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk juga dinobatkan sebagai salah satu anak usaha BUMN terpopular di media.

Bukan hanya meraih berbagai penghargaan, anak perusahaan dan afiliasi Pertamina itu juga berjaya pada satu-satunya ajang kompetisi praktisi PR paling komprehensif di Indonesia ini.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyampaikan, prestasi ini merupakan karya seluruh praktisi public relations Pertamina Group.

Menurut Fajriah, dengan pencapaian yang diraih Pertamina Group di ajang PR Indonesia Award 2020 ini menjadi kesempatan untuk mengukur capaian kinerja PR di mata stakeholders.

"Prestasi yang kami terima sekarang menjadi cambuk bagi kami, praktisi PR di Pertamina Group untuk terus mempertahankan kinerja kehumasan yang sudah bagus di mata stakeholders, bahkan berupaya meningkatkan di masa yang akan datang," ujarnya.

Dalam ajang ini, kegiatan penjurian non presentasi dilakukan pada 24 Februari sampai dengan 5 Maret 2020. Sementara itu, penjurian presentasi diselenggarakan pada 5 Maret 2019.

Kegiatan penjurian tersebut melibatkan sedikitnya 14 juri yang menilai ratusan produk kehumasan tersebut. Para juri itu terdiri dari pakar PR, praktisi senior PR, konsultan atau agensi PR, akademisi dan tokoh asosiasi atau organisasi PR.

Dengan demikian, hingga saat ini, terjadi peningkatan jumlah entri PRIA 2020 mencapai 534 entri dari sebelumnya 476 entri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com