Advertorial

4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Jika Merasa Cemas dan Kesepian Saat Karantina Diri

Kompas.com - 29/04/2020, 21:45 WIB

Saat ini, pandemi Covid-19 sedang mewabah di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Melansir data Kompas.com, tercatat hingga Rabu (29/4/2020) total kasus terkonfirmasi telah mencapai 9.771 pasien. 

Tak hanya mengancam kesehatan fisik, pandemi ini juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Rasa takut terhadap wabah, keterasingan selama masa karantina, kecemasan akan pemenuhan kebutuhan hidup, dan sebagainya menjadi beberapa penyebabnya. 

Hal-hal tersebut tak hanya berdampak kepada individu yang telah memiliki kesehatan mental, namun juga dapat menyerang mereka yang sehat secara fisik dan mental. 

Padahal kesehatan mental perlu dijaga agar tidak menimbulkan stres dan depresi yang berpengaruh pada daya tahan tubuh. 

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi.

1. Melatih mindfulness 

Melansir Kompas.com (16/3/2020), mindfulness adalah teknik meditasi yang melatih kita fokus pada emosi, pikiran, dan sensasi yang dialami saat ini. Bukan yang telah berlalu atau yang akan datang. 

Teknik mindfulness sendiri memiliki banyak variasi. Namun, kita bisa memulainya dengan mencari tempat yang tenang dan nyaman. Atur nafas, lalu pusatkan dan kontrol pikiran kita dengan pernapasan yang tenang. 

2. Batasi konsumsi berita 

Memang penting untuk mengetahui perkembangan berita dari waktu ke waktu. Terpapar banyak berita negatif akan semakin menambah rasa cemas dan takut dalam diri kita. 

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak berfokus sepanjang waktu dan batasilah membaca berita. Carilah berita-berita positif yang dapat menenangkan pikiranmu selama karantina diri di rumah. 

3. Alihkan perhatian 

Cobalah untuk melakukan berbagai kegiatan positif untuk mengalihkan perhatian. Kamu bisa coba bermain permainan favoritmu bersama keluarga, membaca buku, olahraga, atau memulai kembali hobi yang terlupakan karena sibuk bekerja selama ini. 

Selain itu, kamu juga bisa mencari hiburan yang bisa membuatmu tertawa. Melansir Kompas.com (16/3/2020), tertawa dapat mendukung sistem imun yang kuat selain harus disokong dengan asupan gizi seimbang. 

4. Jalin komunikasi 

Tetap menjalin komunikasi bersama keluarga dan teman-teman akan membuat kita terhindar dari rasa cemas dan kesepian di tengah karantina diri. 

Kamu pun bisa menceritakan segala kekhawatiran dan kecemasan kepada mereka, sehingga tekanan yang kamu rasakan berkurang dan bisa lebih tenang. 

Selain itu, kamu juga bisa saling memberikan dukungan di tengah pandemi ini agar tetap memiliki pikiran yang positif dan optimis di tengah pandemi 

Meski tidak dapat bertemu secara langsung karena physical distancing, kamu bisa tetap menjalin komunikasi dengan berbagai cara. Manfaatkan teknologi seperti dari pesan singkat, telepon, ataupun video call

Saat ini telah banyak pilihan aplikasi video call yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman dekatmu. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah WhatsApp, Zoom, dan Hangout.

Kamu bisa menjalin komunikasi bersama keluarga dan teman-teman secara lebih nyaman dengan Perdana dan Paket AlwaysOn Unlimited dari Tri. AlwaysOn Unlimited memiliki banyak pilihan kuota utama, mulai dari 6GB hingga 16GB. 

Gunakan Perdana dan Paket AlwaysOn Unlimited agar dapat berkomunikasi dengan bebas dan nyaman bersama orang-orang tercintaDok. Tri Gunakan Perdana dan Paket AlwaysOn Unlimited agar dapat berkomunikasi dengan bebas dan nyaman bersama orang-orang tercinta

Uniknya, kuota utama tersebut memiliki masa berlaku sesuai dengan masa berlaku kartu. Artinya, kuota ini dapat terakumulasi dan memiliki masa waktu yang panjang, tidak seperti kuota biasa yang kadaluarsa setelah seminggu atau sebulan. 

Terlebih, jika kamu memilih kuota mulai dari 6GB, kamu bisa mendapatkan kuota unlimited ke SEMUA aplikasi yang dapat kamu gunakan mulai dari pukul 01.00 hingga 17.00. 

Selain itu, Perdana dan Paket AlwaysOn Unlimited juga tidak membagi-bagi kuota untuk aplikasi tertentu. Sehingga kamu dapat bebas berselancar dan menggunakan berbagai aplikasi, termasuk aplikasi video call untuk berkomunikasi dengan keluarga dan sahabat. 

Kamu bisa mengaktifkan paket AlwaysOn Unlimited lewat aplikasi bima+, USSD *123# dari nomor Tri, dan membeli Perdana nya di retailer, supermarket, minimarket dan e-commerce yang bekerjasama dengan Tri Indonesia. 

Jadi tunggu apa lagi? Segera aktifkan paketnya dan jalin komunikasi bersama keluarga dan sahabat untuk saling mendukung di tengah pandemi. 

Klik disini untuk informasi selengkapnya mengenai AlwaysOn Unlimited dari Tri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com