Advertorial

Tetap Sehat Selama Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 29/04/2020, 22:06 WIB

Tak terasa, saat ini kita sudah memasuki bulan Ramadhan. Artinya, semua umat Islam akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. 

Akan tetapi bulan Ramadhan kali ini terasa berbeda. Pasalnya, kita harus menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 yang sedang mewabah. 

Meski demikian, kita harus tetap beraktivitas di rumah dan menjaga kesehatan agar ibadah puasa tetap nyaman dan aman dari Covid-19. 

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan kaya nutrisi saat berbuka dan sahur. 

Selain itu, kita juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum banyak air putih di saat berbuka dan sahur agar terhindar dari dehidrasi, menjaga kebugaran tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Jaga kesehatan dengan bahan herbal 

Kurma menjadi salah satu makanan berbuka puasa yang sunnah (dianjurkan) oleh Nabi Muhammad SAW selain segelas air. 

Menurut National Institute of Health (NCBI), kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kurma mengandung serat, karbohidrat, dan nutrisi yang baik. 

Selain itu, terdapat bahan herbal lain yang bermanfaat untuk kesehatan seperti jintan hitam atau habbatussauda. Habbatussauda termasuk ke dalam kelompok Imunostimulan fitogenik yang dapat membantu pembentukan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Kemudian terdapat madu yang telah lama diyakini manfaatnya untuk menambah asupan nutrisi dan meningkatkan stamina tubuh. 

Terdapat cara praktis untuk mengonsumsi ketiga herbal tersebut, yaitu lewat minuman herbal KOJIMA. 

Foto produk KOJIMADok. KOJIMA Foto produk KOJIMA

KOJIMA adalah produk sirup yang 100 persen herbal dan halal dengan kandungan, korma, habbatussauda, madu, dan asam jawa. 

Hasil Penelitian dari Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gajah Mada (UGM) mengungkapkan, kandungan herbal yang ada di dalam KOJIMA terbukti sebagai Phytonutrient (penambah nutrisi alami). 

Selain itu, KOJIMA juga terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh (immunostimulant) dan sangat berguna dalam keadaan khusus seperti puasa, ibadah haji, ibadah umroh hingga masa pemulihan dari sakit. 

Bagi yang sedang berpuasa, dapat mengkonsumsi KOJIMA sebanyak dua stickpack (sachet), masing-masing satu setiap sahur dan berbuka puasa. 

Sementara itu, untuk ibadah haji disarankan untuk mengonsumsi tiga stickpack per hari. Sedangkan untuk ibadah umroh dan pemulihan sakit cukup dua stickpack per hari. 

Terdapat beberapa varian ukuran produk KOJIMA. Mulai dari bentuk botol 280 ml hingga bentuk stickpack 15 ml. 

KOJIMA bisa didapatkan di berbagai toko obat, apotek, supermarket, dan toko online Deltomed Store (official store) di Tokopedia dan Shopee. 

Konsumsi KOJIMA agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa di bulan Ramadan kali ini. 

Agar pandemi Covid-19 segera berlalu, ikutilah anjuran pemerintah untuk tetap di rumah dan tidak kembali ke kampung halaman untuk sementara.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com