Advertorial

Pertamina Memberikan Online Training Bagi UMKM Selama Pandemi Virus Corona

Kompas.com - 08/05/2020, 23:35 WIB

Kompas.com – Banyak yang terdampak secara ekonomi oleh pandemi virus corona yang saat ini sedang terjadi di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat banyaknya adalah para pelaku UMKM yang saat ini harus memberhentikan sementara ataupun gulung tikar karena pemasukan yang sangat berkurang.

Oleh sebab itu, Pertamina memutuskan untuk konsisten melakukan pembinaan dan pendampingan serta meningkatkan kemampuan usaha pelaku UMKM yang menjadi mitra binaannya.

Dengan harapan, para pelaku UMKM tetap bisa tumbuh menjadi pengusaha yang tangguh dan maju dalam membantu mengembangkan ekonomi nasional meskipun tengah berada di dalam situasi pandemi.

Pembinaan dan pendampingan yang Pertamina lakukan adalah online training yang bertajuk Stategi Mengembangkan Usaha Saat Corona.  

Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication Pertamina menyatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari seri  Online Traning untuk Mitra Binaan Pertamina dan UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Seri Online Training ini akan diselenggarakan setiap 2 minggu, selama himbauan Pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan #dirumahaja untuk membantu bisnis UMKM agar tidak jalan di tempat, sekaligus membuka wawasan dan pengetahuan para pelaku UMKM tentang cara mengembangkan usahanya di kala pandemi Covid-19.

Training secara online pertama pun telah dilaksanakan pada Selasa, 5 Mei 2020 dan diikuti secara live pada akun Instagram @gen_umkm bersama instruktur Rendika Nugraha yang merupakan Dosen Kewirausahaan President University.

Sebanyak 556 orang yang merupakan mitra binaan pertamina dan UMKM RKB Pertamina bergabung dalam online training ini.

Ahmad Imam Miftahu Arifin dari Situbondo peserta UMKM dari usaha minuman kopi sangat mengapresiasi kegiatan ini dan merasa keseluruhan pelatihannya sudah sangat baik dan bisa membantu untuk mengembangkan UMKM kedepannya.

“Semoga mengadakan pelatihan online ini aka nada lagi, karena bisa menambah ilmu dan wawasan tentang memajukan UMKM,” ucap Ahmad

Peserta UMKM dari Pekanbaru juga mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap kegiatan ini. “Semoga diadakan lagi online bisnis seperti ini, karena sangat membantu kami para UMKM supaya siap naik kelas” ujar Wiran Rizal pemilik usaha “Dapur Mirani” yang bergerak dibidang usaha kue dan keripik .

Fajriyah pun mengungkapkan materi yang akan disampaikan selama online training, antara lain tentang kenapa bisnis perlu kita kembangkan sebagai investasi dan aset serta warisan anak cucu.

Kemudian, presentasi data dan contoh bisnis yang sudah berkembang yang dimulai dari UMKM, tantangan dalam mengembangkan suatu bisnis serta langkah-langkah mengembangkan bisnis untuk UMKM.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com