Advertorial

Pertamina Siapkan 185 Ribu APD untuk 70 RS BUMN Seluruh Indonesia

Kompas.com - 09/05/2020, 13:06 WIB

Kompas.com – Alat Pelindung Diri (APD) adalah pertahanan utama yang harus dimiliki oleh petugas medis Indonesia saat mereka bekerja dan berjuang di garda depan melawan pandemi virus corona.

Karena hal itu, Pertamina akan memberikan bantuan 185 ribu Alat Pelindung Diri (APD) melalui Pertamina Bina Medika IHC, untuk mendukung kinerja tenaga medis di 70 Rumah Sakit BUMN.

“Sesuai penugasan dari Kementrian BUMN, bantuan APD akan di distribusikan kepada 70 rumah sakit BUMN di Indonesia. Pengolaan pendistribusian APD kepada rumah sakit Pertamedika IHC maupun RS BUMN lainya akan di koordinir oleh Pertamina Bina Medika IHC,” ujar Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication Pertamina.

Fajriyah juga kembali menegaskan, APD bagi tenaga medis merupakan senjata utama dalam perang melawan Covid-19, sehingga dengan tersedianya APD yang memadai, kinerja tenaga medis akan lebih optimal. 

Gudang Pertamina Logistik Perkapalan sebagai tempat penyimpanan sementara barang-barang bantuan. DOK. Pertamina Gudang Pertamina Logistik Perkapalan sebagai tempat penyimpanan sementara barang-barang bantuan.

Saat ini, APD tersebut berada di Gudang Pertamina Logistik Perkapalan untuk dilakukan pemeriksaaan (Quality Control) dan memastikan kualitas barang yang akan didistribusikan sesuai dengan standar yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Bantuan APD tersebut diharapkan bisa menjaga keselamatan dan keamanan para tenaga medis dalam menjalankan tugasnya merawat pasien Covid-19,” pungkas Fajriyah.

Fajriyah juga mengungkapkan, Pertamina memiliki gudang logistik perkapalan seluas 1.800 Meter persegi yang semula diperuntukan sebagai inventory atau gudang alat-alat perkapalan.

Yang kemudian di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, Pertamina menggunakan gudang tersebut sebagai penyimpanan sementara barang-barang bantuan, salah satunya adalah 185 ribu APD. 

Pertamina sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan sebanyak 18 ribu APD ke Pertamina Bina Medika IHC sebagai Rumah Sakit Holding BUMN yang ditunjuk Pemerintah sebagai Rumah Sakit rujukan Covid-19. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com