Advertorial

Pertamina Group Meluncurkan Program untuk Membantu Masyarakat Melawan COVID-19 di Jawa Timur

Kompas.com - 11/05/2020, 14:54 WIB

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V, Jatimbalinus dan Pertamina EP Asset 5 mengambil peran untuk membantu masyarakat dengan meluncurkan program Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19.

Program ini telah dijalankan sejak hari Kamis (8/5/2020) lalu dan bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Pertamina Group mendistribusikan 300 Pakaian Alat Pelindung Diri, 100 Liter Hand Sanitizer, 1900 Masker Kain, dan 1500 Masker Medis kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Penyerahan APD ini dilakukan oleh General Manager Pertamina EP Asset 4, Agus Amperianto dan Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji kepada Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Subhan Wahyudiono dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Agus Ampertianto, Pertamina selaku Badan Usaha Milik Negara telah mengambil peran lebih dari tugas utamanya untuk menyalurkan energi ke masyarakat. "Selain menjalankan tugas utama ini, kami juga bergerak untuk memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat yang terdampak dari Pandemi COVID-19," ujarnya.

Selain diberikan kepada posko gugus tugas percepatan penanganan, rumah sakit rujukan, dan puskesmas, APD juga menyasar para pekerja di sektor non-formal yang terdampak langsung secara ekonomi.

Bantuan APD dari Pertamina GroupDok. Pertamina Bantuan APD dari Pertamina Group

Tidak hanya itu, Pertamina juga tergerak mendukung eksistensi para pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Hal ini diwujudkan dengan sebagian dari APD yang disalurkan merupakan produk Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) binaan Pertamina," tambah Agus.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasihnya kepada Pertamina atas bantuan yang diberikan tersebut.

Apalagi sampai hari ini, Pertamina juga membantu isi ulang LPG Bright Gas 12 kg yang diperuntukkan kepada dapur-dapur umum yang dikelola Dinas Sosial Jatim di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Selain itu, melalui program ini Pertamina berharap agar bisa membantu masyarakat dan pemerintah menekan penyebaran virus Covid-19. “Pertamina Group sendiri berharap agar bantuan ini dapat memberikan manfaat yang baik, baik kepada Pemerintah maupun masyarakat yang saat ini sedang sama-sama berjuang untuk menekan angka penyebaran COVID-19,” ujar Rustam

Hingga Kamis (7/5/2020), Pertamina Group di Jawa Timur sudah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp 2,9 miliar, melalui Program Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19. Upaya itu merupakan wujud bakti BUMN untuk Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com