Advertorial

Masih Bepergian di Tengah Wabah Corona, Wajib Jaga Kebersihan Pakaian dengan Bahan Ini

Kompas.com - 11/05/2020, 16:13 WIB

Selama masa pandemi Covid-19 hampir seluruh orang disarankan untuk di rumah saja. Hal ini untuk mencegah penularan virus semakin luas.

Namun, ada beberapa orang yang terpaksa harus berada di luar rumah. Baik dikarenakan pekerjaan mereka yang tidak bisa dikerjakan di rumah atau mereka yang bertugas di tengah wabah ini.

Jika Anda termasuk di antara mereka yang tidak bisa berdiam diri di rumah karena satu dan lain hal, maka menjaga kesehatan dan kebersihan diri menjadi kuncinya agar keluarga tidak tertular virus yang mungkin Anda bawa.

Selain mencuci tangan serta membersihkan diri terlebih dahulu sebelum berkumpul dengan keluarga, ternyata virus bisa bertahan di barang yang Anda bawa, seperti kacamata, sepatu, tas, hingga pakaian.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (27/04/2020) dua orang anak di Bogor dan ibunya tertular Covid-19 dari pakaian sang ayah yang bekerja di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Baju sang ayah tersebut menjadi media penularan virus karena saat pulang dari bekerja tidak langsung direndam. Kemudian secara tidak sengaja tersentuh oleh tangan istrinya. Virus yang adapun langsung tersebar ke seluruh keluarga di rumah tersebut.

Maka dari itu, sudah seharusnya kebersihan dari barang-barang tersebut juga menjadi perhatian Anda. Nah, berikut beberapa tips untuk menjaga pakaian agar tetap bersih.

  1. Cuci baju
    Jika Anda merupakan orang satu-satunya yang masih beraktivitas di luar rumah, saat pulang langsung rendam baju Anda. Usahakan merendam dengan air hangat terlebih dahulu.
    Gunakan deterjen yang mengandung pemutih untuk mencuci pakaian Anda. Pemutih memiliki kandungan seperti alkohol yang mampu membunuh virus dan bakteri.

  2. Jemur di bawah sinar matahari
    Setelah dicuci bersih, pastikan pakaian Anda dijemur di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari ini mampu membunuh kuman yang mungkin masih tersisa pada pakaian.
  1. Setrika dengan benar
    Terakhir, Anda bisa memastikan baju yang telah dicuci bebas dari virus dengan menyetrikanya. Panas yang dihasilkan oleh setrika juga mampu mematikan virus yang ada.

    Selain itu, penggunaan bahan aktif seperti Alkyl dimethybenzyl ammonium chloride saat menyetrika menjadi penting. Bahan ini memiliki spektrum antimikroba yang mampu membantu membunuh kuman dan bakteri.

    Kispray Anti Kuman.Dok. Kispray Kispray Anti Kuman.

    Senyawa kimia tersebut bisa ditemukan dalam parfum penyetrika pakaian, yaitu Kispray Anti Kuman. Kandungan ini pun telah melalui uji mikrobiologi di Institut Pertanian Bogor untuk memastikan bahwa Kispray mengandung bahan-bahan yang dapat membunuh bakteri di pakaian dengan efektivitas 99 persen.

    Parfum penyetrika pakaian ini telah dikenal sejak lama dan menjadi salah satu produk andalan Anda saat menyetrika. Jadi, selain dapat memberi keharuman pada pakaian, Kispray juga bisa memastikan pakaian yang Anda kenakan selalu bersih dan bebas kuman. Nah, Kispray bisa dibeli tanpa keluar rumah di sini.

Dengan ketiga proses menjaga kebersihan pakaian di atas, Anda dan keluarga pun akan merasa aman dan terlindungi dari virus. Hidup bersih tentu menjamin kesehatan Anda dan keluarga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com