Advertorial

Bentuk Satgas RAFICO, Pertamina Jamin Ketersediaan Stok BBM dan LPG Aman

Kompas.com - 20/05/2020, 23:24 WIB

Pertamina menjamin keamanan dan ketersediaan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), dan gas LPG untuk masyarakat. Kondisi pandemi ini membuat Pertamina akan memprioritaskan kemudahan masyarakat untuk mengakses BBM dan LPG dengan melakukan pemantauan langsung ke berbagai titik.  

Pemantauan dilakukan di Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Surabaya yang pimpin langsung oleh Komisaris Pertamina, Condro Kirono, dan Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid.

“Pemantauan langsung jalur Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Surabaya dalam rangka menjamin ketersediaan stok BBM dan LPG Jelang Lebaran dalam kondisi aman. kami melakukan peninjauan dan pemantauan langsung ke beberapa titik SPBU di sepanjang tol trans Jawa seperti di SPBU KM 57, KM 228, KM 379, KM 519, KM 626 dan KM 725," ujar Mas'ud.

Mas'ud menambahkan, di tengah adanya pembatasan aktivitas pada masa pandemi Covid-19, tercatat per 20 Mei 2020, secara nasional ketahanan stok Premium 34 hari, Pertalite 35 hari, Pertamax 46 hari, Pertamax Turbo 99 hari, Solar 28 hari, Dexlite 40 hari, Dex 120 hari, LPG 19 hari dan minyak tanah 51 hari.  

“Di tengah kondisi pandemi COVID-19, Pertamina tetap berkomitmen dalam menjamin keamanan ketersediaan pasokan serta distribusi BBM dan LPG dengan tetap menyiagakan tim Satuan Tugas (Satgas) Ramadan, Idul Fitri dan COVID-19 (RAFICO) 2020 yang bertugas di seluruh Indonesia,” lanjut Mas’ud.

Tak hanya ketersediaan stok yang dipastikan aman, protokol pencegahan Covid-19 pun dilakukan Pertamina sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di area operasi dan distribusi produk Pertamina, salah satunya yaitu SPBU.

“Kami menerapkan jaga jarak fisik antar konsumen dan antara konsumen dengan operator sebagai antisipasi penyebaran virus tersebut. Tidak hanya itu, operator di seluruh fasilitas Pertamina juga telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa sarung tangan, masker dan hand sanitizer,” terang Mas’ud.

Hal ini menggambarkan bentuk kewaspadaan Pertamina terhadap penyebaran virus, sekaligus menjaga keamanan dan kenyamanan operator dan konsumen.

Selain menerapkan protokol, Pertamina juga memberikan alternatif pilihan pembayaran non-tunai di SPBU. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi kontak langsung yang dilakukan dalam menjalankan transaksi sehari-hari.

Saat ini Pertamina telah bekerja sama dengan beberapa platform untuk menerima pembayaran non-tunai, di antaranya seperti aplikasi MyPertamina yang terhubung dengan LinkAja.

Melalui aplikasi MyPertamina, saat ini Pertamina memberikan banyak promo menarik seperti promo cashback 50 persen bagi pengemudi Ojek Online untuk pembelian Pertalite, cashback 50 persen bagi Angkutan Kota untuk pembelian produk Pertalite dan Dexlite serta cashback 30 persen bagi masyarakat umum untuk pembelian Pertamax Series dan Pertamina Dex.

Sebagai dukungan untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pertamina juga telah meluncurkan layanan Pertamina Delivery Services (PDS) untuk kemudahan konsumen memesan produk - produk Pertamina dari rumah dan diantarkan langsung ke alamat konsumen.

Layanan ini bisa digunakan dengan langsung menghubungi Pertamina Call Center di 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com