Advertorial

Tips Rencanakan Setelah Pandemi Liburan Agar Terasa Menyenangkan

Kompas.com - 29/05/2020, 18:54 WIB

Pandemi Covid-19 akan memasuki era kenormalan baru, fase ini di mana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan dilonggarkan dan masyarakat diperbolehkan untuk kembali beraktivitas dengan sejumlah anjuran protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah.

Hal ini ditandai dengan dibukanya beberapa fasilitias umum secara bertahap seperti pusat perbelanjaan, sekolah, hingga perkantoran. Termasuk bagi kamu yang memilki hoby traveling sekarang ini bisa sedikit bernafas lega beberapa destinasi wisata secara berangsur-angsur akan kembali dibuka.

Namun meski memasuki fase baru kita harus menjadikan kegiatan cuci tangan, menggunakan masker, memberi jarak 1-2 meter, serta hidup bersih dan sehat sebagai kebiasaan.

Selama menjalani karantina mandiri di rumah tak ada salahnya mulai kembali merencanakan liburan agar saat liburan nanti menjadi perjalanan yang sangat mengesankan.

Berikut ini beberapa tips agar liburan kamu terasa lebih nyaman, aman dan menyenangkan.

  1. Tentukan destinasi wisata

Hamparan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke membuat Indonesia menjadi surganya para pecinta travaelling. Banyak keindahan alam Indonesia yang bisa menjadi referensi untuk kita melepaskan penat selama di rumah saja.

Salah satunya ialah Bali, keindahan pulau Dewata menjadikan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dari berbagai negara di dunia. Meski terbilang sebagai pulau yang kecil dibandingkan dengan  pulau-pulau lain di Indonesia, Bali menghadirkan sebuah wisata yang lengkap.

Mulai dari wisata religi, historis, dan budaya. Kamu juga bakal dimanjakan dengan pemandangan sunset menawan di puluhan pantai di Bali. 

  1. Pilih penginapan yang memprioritaskan protokol kesehatan

Saat hendak berlibur nanti, sebaiknya yang wajib kita perhatikan pertama kali ialah penginapan sebab penginapan nantinya akan menjadi tempat tinggal Anda sementara selama liburan.

Selain menyesuaikan dengan bujet, lokasi, kebersihan dan keamanan. Yang wajib kamu perhatikan dimasa pandemi seperti sekarang ini ialah protokol kesehatan, ini mutlak kita prioritaskan agar sepulang berlibur nanti kita tetap dalam kondisi yang sehat.

Sebagian besar hotel yang beroperasi saat ini sudah menerapkan protokol kesehatan misalnya menyediakan hand sanitizer, mewajibkan pengunjung menggunakan masker dan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area lobi hotel.

  1. Tempat makan

Berburu kuliner saat berlibur menjadi sesuatu hal yang sangat mengasyikan, namun tentunya kita wajib tahu terlebih dahulu makanan apa saja yang mereka masak saat hendak masuk ke sebuah restoran, jangan sampai akhirnya menyesal.

Salah satu tempat wisata yang banyak menyajikan varian makanan baik seafood hingga masakan khas  daerah yakni Bali. Salah satu makanan khas yang terkenal yakni Ayam Betutu.

  1. Transportasi

Selanjutnya yang harus kamu harus perhatikan saat hendak berlibur ialah transportasi baik saat hendak berangkat ataupun saat pulang perencanaan yang matang membuat liburan kamu jauh lebih mengasyikan.

Saat ini banyak e-commerce yang menawarkan tiket pesawat dengan yang harga lebih murah, contohnya Tokopedia. Di sini, kamu bisa memesan tiket pesawat ke bali atau Kota lain seperti tiket pesawat ke Medan

Tak hanya penerbangan dalam negeri, jika kamu memutuskan untuk liburan ke luar negeri, bisa memesan tiket pesawat ke Singapore atau beberapa negara lainya seperti Jepang ataupun Malaysia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com