Advertorial

Ingin Segera Liburan Setelah Pandemi Berakhir? Rencanakan Dulu Aja Yuk!

Kompas.com - 29/05/2020, 19:00 WIB

Salah satu hal yang dirindukan banyak orang saat pandemi seperti sekarang ini adalah traveling. Keluar dari rumah dan melakukan perjalanan menuju suatu tempat yang sudah lama diinginkan menjadi keinginan sederhana yang belum dapat terwujud.

Namun, daripada Anda suntuk karena tak bisa liburan dan berada di rumah terus, bagaimana kalau kita merencanakan liburan mulai sekarang?

Ajak pasangan atau sahabat terbaik untuk bersama menyusun rencana dan tujuan destinasi liburan setelah masa pandemi ini usai.

Pertama, Anda harus menentukan destinasi yang akan dikunjungi. Tak perlu langsung terburu-buru liburan ke luar negeri yang membutuhkan penerbangan berjam-jam, Anda bisa memilih kota-kota terdekat untuk liburan.

Saat memutuskan destinasi, pastikan Anda sudah mengetahui apa yang menarik dari kota tujuan. Misalnya seperti kota Medan yang terkenal akan wisata kuliner atau kota Yogyakarta dengan budayanya.

Selanjutnya, Anda harus memutuskan jenis traveling apa yang ingin dilakukan. Misalnya mau backpacker atau liburan mewah. Hal ini akan memengaruhi bujet yang harus disiapkan.

Jika ingin menghabiskan banyak tabungan untuk liburan mewah, Anda segera melihat harga hotel yang diinginkan. Selanjutnya, tidak ada salahnya untuk mencoba booking hotel tersebut untuk memastikan harga yang ada.

Namun, jika ingin tetap menginap di hotel mewah tetapi bujet ngepas, akali dengan memilih transportasi yang lebih murah. Jika masih berada dalam satu pulau, gunakan bus atau kereta untuk  menuju ke kota tujuan.

Pasalnya, harga tiket kereta lebih hemat dibandingkan tiket pesawat. Meski begitu, Anda harus menyiapkan waktu yang lebih lama untuk menempuh perjalanan.

Selain transport menuju dan dari kota tujuan, Anda juga harus memperhitungkan bujet untuk transportasi selama di sana. Apakah ingin menggunakan transportasi umum, menyewa mobil, atau menyewa motor.

Perhatikan siapa teman perjalanan Anda. Jika ada anak-anak atau orangtua, pastinya menyewa mobil menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda hanya berdua dengan pasangan dan ingin menghemat pengeluaran, motor atau taksi online bisa jadi solusinya.

Berikutnya, susun rencana perjalanan dengan rinci. Jika tempat wisata mainstream sudah banyak pengunjungnya, Anda bisa mengunjungi lokasi lain yang tak kalah menarik.

Jangan lupakan juga tempat makan legendaris yang menjadi ciri khas kota tujuan Anda. Jika sering penuh, cobalah datang bukan di waktu makan. Biasanya di jam tersebut, pengunjung akan lebih sedikit.

Sekarang, mau traveling atau liburan bisa melalui Tokopedia. Di sini, Anda bisa memesan tiket pesawat ke Medan atau kota lain di Indonesia. Tak hanya penerbangan dalam negeri, jika Anda memutuskan untuk liburan ke luar negeri.

Nah, segera rencanakan perjalanan Anda dengan orang tersayang setelah pandemi berakhir dengan Tokopedia aja.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com