Advertorial

Sering Terbangun di Malam Hari Karena Merasa Gerah dan Panas? Yuk Simak Tips Berikut Ini

Kompas.com - 03/06/2020, 15:43 WIB

Ketika musim panas tiba, pernahkah Anda terbangun di malam hari dalam keadaan berkeringat? Kondisi ini membuat kita tidak merasa nyaman dan menggangu kualitas tidur.

Menghidupkan pendingin ruangan sepanjang malam dapat menjadi salah satu solusinya. Namun imbasnya, tagihan biaya listrik yang membengkak.

Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi panas dan masalah sulit tidur akibat cuaca panas.

  1. Mandi sebelum tidur

Sebelum tidur sebaiknya mandi terlebih dahulu menggunakan air dingin, karena cara ini menjadi cara yang paling ampuh untuk menurunkan suhu tubuh dan membuat tidur Anda terasa lebih nyaman.

  1. Membuka tirai atau jendela kamar

Jika suhu kamar Anda lebih hangat daripada suhu di luar, biarkan jendela terbuka di malam hari agar angin segar masuk. Biasanya suhu udara di malam hari cenderung lebih dingin dan sirkulasi udara segar dapat membantu ruangan tidak pengap.

  1. Ciptakan udara sejuk

Meski tidak memiliki pendingin udara, bukan berarti kamu tidak dapat membuat ruangan sejuk seperti menggunakan AC. Anda hanya membutuhkan kipas angin, es batu dan mangkuk.

Taruhlah es batu di dalam mangkuk, selanjutnya letakan di belakang kipas. Nyalakan kipas dan Anda akan merasakan sensasi sejuk di ruanganmu.

  1. Matikan lampu dan perangkat elektronik

Mematikan lampu dan semua perangkat elektronik dapat menurunkan suhu ruangan karena semua perangkat yang terhubung ke listrik mengeluarkan panas.

Selain dapat menurunkan suhu ruangan, cara ini juga dapat menghemat listrik. Tak hanya itu mematikan lampu juga menghilangkan semua hal yang dapat menstimulasi cahaya biru sehingga meningkatkan kualitas tidur.

  1. Gunakan baju tidur

Saat hendak tidur sebaiknya kamu mengganti pakianmu menggunakan piyama atau baju tidur, pilihlah ukuran yang longgar dan ringan, sehingga kamu dapat tidur dengan nyaman.

Selain piyama kamu juga bisa mengenakan daster saat tidur atau beraktivitas selama di rumah. Nah bagi Anda yang lebih nyaman tidur dengan mengenakan baju terbuka, model lingerie dan babydoll berbahan satin cocok untuk dipilih. Akan tetapi, jika Anda lebih menyukai model baju berbentuk simpel, piyama bisa dijadikan opsi.

Kini, di Tokopedia ada berbagai model baju tidur yang bisa Anda pilih. Tidak hanya baju tidur, Anda juga bisa memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari di Tokopedia, Sehingga Anda tak perlu lagi repot-repot keluar rumah karena kini semuanya bisa dipesan di Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com