Advertorial

Bantu Deteksi Dini Penyebaran Covid-19 di Kebumen, Pertamina Bagikan 2000 Alat Rapid Test

Kompas.com - 07/06/2020, 15:53 WIB

Pemerintah terus berusaha keras untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19. Langkah pencegahan dan deteksi dini dilakukan dengan optimal dengan melakukan tes massal dengan menggunakan metode Rapid Diagnose Test (RDT).

Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN), juga ingin memberikan peran untuk membantu pemerintah dalam menghadapi penyebaran virus Covid-19 dengan memberikan alat RDT sebanyak 2000 unit yang diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen.

Rapid Diagnose Test atau tes cepat ini dilakukan untuk mendeteksi virus Covid-19 yang tersebar di masyarakat. Kemudian akan dipetakan dalam bentuk klaster zona. Sebanyak 1300 pedagang dan pengunjung di Pasar Tumenggungan, Kabupaten Kebumen telah menjalani rapid test.

Wakil Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto mengungkapkan apresiasi kepada Pertamina yang secara aktif turut membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 ini. Arif mengungkapkan bahwa pasar dipilih menjadi lokasi rapid test karena merupakan tempat keramaian yang memiliki potensi penyebaran Covid-19.

“Jika dari rapid test ditemukan ada warga yang hasilnya reaktif. Maka warga diminta untuk melakukan karantina mandiri dan akan dilakukan swab test melalui uji Polymerase Chain Reaction (PCR) di laboratorium,” ujar Arif.

Anna Yudhiastuti selaku Unit Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV mengungkapkan bahwa Pertamina selaku BUMN terus berperan aktif untuk mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Pemberian alat Rapid Diagnose Test kepada pemerintah Kabupaten KebumenDok. Pertamina - Pemberian alat Rapid Diagnose Test kepada pemerintah Kabupaten Kebumen

"Banyak upaya yang telah kami lakukan, selain berbagai langkah pencegahan penyebaran bagi lingkungan internal perusahaan, kami turut berperan aktif pula untuk membantu penyediaan alat medis seperti salah satunya bantuan alat RPD, bantuan sembako kepada masyarakat, handsanitizer, wastafel portabel di beberapa titik keramaian dan lain sebagainya," terang Anna.

Pertamina melalui Marketing Operation Region IV akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan seluruh pihak dalam upaya mengurangi penyebaran covid-19 di wilayah operasional Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Pertamina (Persero) senantiasa terus memberikan informasi terkait penyaluran BBM, LPG, petrokimia serta produk Pertamina lainnya melalui berbagai platform media digital maupun konvensional.

Jika ada masyarakat yang membutuhkan informasi atau memberikan masukan dan saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh pada Google Playstore atau Apple Store.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com