Advertorial

Peralatan Berkualitas, Solusi Efisiensi Sektor Pertambangan dan Pelabuhan

Kompas.com - 11/06/2020, 14:54 WIB

Indonesia memiliki sumber daya alam yang begitu kaya. Sebut saja tambang batu bara di Kalimantan, tambang pasir di Bangka Belitung, tambang emas di Papua, dan masih banyak sederet contoh lain yang menambah daftar panjang kekayaan alam Indonesia.

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia membuat sektor pertambangan menjadi salah satu industri yang menyokong perekonomian nasional.

Selain itu, Indonesia pun menyimpan potensi besar di sektor pelabuhan. Sebagai negara kepulauan yang berada di jalur perdagangan internasional, sektor pelabuhan menjadi salah satu industri vital yang menyokong berbagai aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Global Wear Solutions Engineering (GWSE) sebagai salah satu perusahaan penyedia alat dan jasa tambang global turut mengakui potensi besar Indonesia di sektor pertambangan dan pelabuhan.

CEO GWSE, Rahul Thottiyil, menyampaikan bahwa ruang lingkup proyek di sektor pertambangan dan pelabuhan Indonesia sangat besar ketimbang negara-negara lain di Asia.

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan ekonomi yang pesat dan pemerintahan yang stabil. Kami melihat masa depan yang cerah di sektor pertambangan Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (8/6/2020).

CEO Global Wear Solutions Engineering (GWSE), Rahul Thottiyil Dok. GWSE CEO Global Wear Solutions Engineering (GWSE), Rahul Thottiyil

Sektor pertambangan, ujar Rahul, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Terlebih, hingga saat ini masih banyak potensi kekayaan alam yang belum terjamah.

Potensi kekayaan alam itu dapat diraih jika Indonesia memiliki industri pertambangan dan pelabuhan yang maju. Agar dapat maju, industri pertambangan dan pelabuhan memerlukan berbagai dukungan. Salah satunya adalah kualitas peralatan yang digunakan dalam proses produksi.

Menurut Rahul, kehadiran peralatan yang berkualitas dengan teknologi terkini akan meningkatkan efisiensi kinerja sektor tambang dan pelabuhan. Selain itu, peralatan tersebut dapat memudahkan eksplorasi sumber daya alam yang dibutuhkan.

“Salah satu kebutuhan yang dibutuhkan sektor tambang Indonesia adalah peralatan tambang dengan teknologi terkini untuk meningkatkan produktivitas dan menekan waktu pengerjaan, terutama saat kondisi pasar sedang menurun,” ungkap Rahul.

CEO Global Wear Solutions Engineering (GWSE), Rahul Thottiyil memantau proyek pertambangan yang digarapnyaDok. GWSE CEO Global Wear Solutions Engineering (GWSE), Rahul Thottiyil memantau proyek pertambangan yang digarapnya

Terkait efisiensi, Rahul mencontohkan tren yang terjadi di industri tambang batu bara. Menurutnya, produksi batu bara saat ini mengalami surplus. Situasi tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan-perusahaan tambang batu bara.

“Menghadapi situasi tersebut, sangat penting bagi perusahaan tambang untuk menekan biaya produksi serendah mungkin,” imbuhnya.

Demi menjawab kebutuhan tersebut, GWSE pun hadir di Indonesia sebagai engineering solution dengan berbagai alat-alat untuk sektor pertambangan dan pelabuhan dengan teknologi terkini.

Produk yang alat-alat tambang yang dihadirkan pun beragam, mulai dari conveyor belt, rubber sheeting, rubber skirting, pulley lagging, wear liners, lem industrial, selang tambang, hingga sistem monitoring.

Selain itu, GWSE juga menghadirkan berbagai layanan untuk menjawab kebutuhan klien yang beragam. Adapun layanan tersebut diantaranya adalah pemasangan, pemotongan, dan perawatan konveyor.

“Kami menawarkan peralatan dan layanan manufaktur yang hemat biaya, khususnya untuk sektor pertambangan dan pelabuhan,” ungkap Rahul.

Bukan itu saja, berkat pengalaman selama lebih dari 60 tahun, GWSE memiliki kelebihan-kelebihan lain yang membuat mereka dipercaya nama-nama besar dalam dunia pertambangan.

“Kami memiliki kemampuan logistik yang sangat baik, pembelian bahan baku dalam jumlah besar, serta waktu pemesanan yang sangat efisien,” ungkap Rahul.

Menilik pengalaman dan kelebihan tersebut, tak heran GWSE dipercaya sebagai engineering solution oleh nama-nama besar dalam dunia pertambangan.

Beberapa klien berskala global yang menggunakan jasa GWSE di antaranya adalah BHP (Australia) dan Alcoa Corporation (Amerika Serikat). Saat ini, GWSE telah hadir di tujuh negara di dunia, mulai dari Australia, Tiongkok, Italia, Jerman, Indonesia hingga Meksiko.

Selain perusahaan global, GWSE pun mendapat kepercayaan dari pemerintah Indonesia dalam salah satu proyek pertambangan di Sumatera.

“Belum lama ini kami dipercaya untuk merancang, membuat, dan memasang konveyor sepanjang 1,5 kilometer untuk proyek pertambangan di Sumatera,” imbuh Rahul.

Tak hanya peralatan tambang berkualitas dengan teknologi terkini, GWSE turut mendukung perekonomian lokal dengan memproduksi materialnya di Indonesia.

“Berdasarkan pengamatan kami, kebanyakan alat tambang diimpor dari luar negeri. Oleh karena itu, kami ingin melakukan hal berbeda dengan mendukung produk buatan lokal ketimbang impor,” imbuh Rahul.

GWSE berkomitmen untuk menjadi engineering solution yang hemat biaya untuk industri pertambangan dan pelabuhan. Dengan demikian, para pelaku industri pertambangan dan pelabuhan dapat menghadapi berbagai tantangan operasional secara efisien dan berkelanjutan.

Klik halaman ini untuk informasi selengkapnya mengenai GWSE.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com