Advertorial

Cetak Rekor Baru, Kontribusi Pertamina ke Negara Tahun 2019 Rp 181,5 Triliun

Kompas.com - 20/06/2020, 20:15 WIB

KOMPAS.com – Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina semakin mengukuhkan tekadnya untuk menjalankan peran sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Persan tersebut diwujudkan dengan berkontribusi bagi bangsa dengan memperkuat ketahanan energi nasional, ketahanan ekonomi negara, dan memperkuat akses pelayanan.

Hal itu pun dibuktikan dengan kontribusi Pertamina ke negara yang mencapai Rp 181,5 triliun sepanjang tahun 2019.

"Kami terus berkomitmen meningkatkan kontribusi pada negara untuk memperkuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Adapun angka tersebut didapat dari setoran pajak dan dividen yang menembus Rp 136,6 triliun pada 2019 yang sekaligus menjadi rekor baru bagi Pertamina.

Sebelumnya, pada 2018 Pertamina juga membukukan setoran pajak dan dividen terbesar dalam sejarah perusahaan pelat merah tersebut, yaitu senilai Rp 120,8 triliun.

Fajriyah menjelaskan, setoran ini meningkat sekitar 13 persen dibandingkan periode sebelumnya, sebesar Rp 120,8 Triliun.

“Nilai tersebut merupakan keseluruhan kontribusi pembayaran pajak-pajak 2019 dan dividen dari Pertamina Grup hasil laba tahun buku 2018 yang dibayarkan 2019,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, dari jumlah tersebut, sebesar Rp 128,6 triliun berupa pajak dan Rp 8,0 triliun berupa dividen.

Jumlah tersebut pun ternyata belum termasuk kontribusi dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kegiatan hulu migas dan geothermal yang mencapai Rp 43,7 triliun.

Lalu, ada pula signature bonus sebesar Rp 1,2 triliun seiring perolehan wilayah kerja baru di anak perusahaan hulu migas Pertamina.

Untuk itu, bila ditotal jumlah kontribusi Pertamina mencapai Rp 136,6 triliun.

Fajriyah menyebut, kontribusi tersebut merupakan komitmen untuk memperkuat APBN selain berkontribusi kepada masyarakat melalui berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan kemitraan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com