Advertorial

Mari “Ngafe” dan Mencicipi Ragam Kuliner Menarik di Australia

Kompas.com - 12/07/2020, 14:53 WIB

KOMPAS.com – Tiga bulan berada di rumah saja, pecinta kuliner pastinya rindu menghabiskan waktu di kafe. Tak sabar rasanya ingin menikmati kopi atau hidangan di kafe favorit.

Untuk mengobati rasa kangen karena belum bisa pergi ke kafe, momen di rumah saja bisa pecinta kuliner gunakan untuk menyusun daftar kafe mana saja yang ingin dikunjungi saat pandemi berakhir.

Misalnya, mengunjungi Australia untuk mencoba pengalaman “ngafe” yang berbeda dari biasanya.

Di Australia, setiap kota atau negara bagiannya punya kafe dengan keunikan masing-masing. Mulai dari menu sarapan dan makan menjelang siang (brunch) inovatif hingga kopi-kopi berkualitas yang disajikan oleh barista terbaik.

Berikut Kompas.com telah merangkum beberapa kafe menarik di berbagai kota di Australia yang bisa masuk daftar liburan selanjutnya.

Celcius Coffee Co, Kirribilli, Sydney

Pemandangan dari Celcius Coffee Co, Kirribilli, Sydney(Dok. Facebook Celcius Coffee Co) Pemandangan dari Celcius Coffee Co, Kirribilli, Sydney

Celcius Coffee Co jadi tempat menarik untuk mengawali hari di kota Sydney. Di sini, kamu bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil menikmati hiruk pikuk aktivitas di Sydney Harbour.

Terletak di dermaga Kirribilli, untuk mencapainya, kamu hanya membutuhkan waktu 7 menit menggunakan feri dari Circular Quay. Pilih tempat duduk yang berada dekat jendela besar untuk menikmati pemandangan terbaik Sydney Harbour.

Soal menu, Celcius Coffee memiliki hidangan yang cukup bervariasi. Salah satu menu sarapan yang wajib dicoba adalah wafel khas Celcius. Satu porsi wafelnya dilengkapi dengan buah-buah beri segar, kacang panggang, selai kacang, sirup mapel, dan taburan bunga yang bisa dimakan.

Untuk kopi, Celcius menyediakan kopi ONA dari roaster di Canberra, yang memenangkan medali emas di ajang Golden Bean Roasting Championship 2017. Ada dua campuran kopi yang tersedia, yakni The Hitman dan The Founder.

Little Loco, New Farm, Brisbane

Menu Black Waffle dari Little Loco, Brisbane, Australia(Dok. Facebook Little Loco) Menu Black Waffle dari Little Loco, Brisbane, Australia

Brisbane terkenal sebagai destinasi sarapan dan makan menjelang siang terbaik di Australia. Ibu kota negara bagian Queensland itu dipenuhi kafe serta tempat makan trendi dengan menu-menu kreatif dan inovatif.

Saat mengunjungi Brisbane, cobalah pergi ke satu kafe yang terletak di 121 Merthyr Road, New Farm. Di sana kamu akan menemukan Little Loco, yang menyajikan beragam hidangan sehat dengan cita rasa klasik.

Dibuka sejak 2015, Little Loco punya beberapa hidangan yang patut dicoba. Untuk sarapan sehat, kamu bisa memesan Green Bowl yang diisi dengan bayam, telur rebus, feta, brokolini, pesto, jamur panggang timi dengan telur. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain sesuai selera, seperti bacon atau keju.

Hidangan manis Little Loco juga tidak kalah menggiurkan. Buat yang suka sedikit eksperimen bisa mencicipi wafel yang terbuat dari arang. Dengan potongan buah stroberi, mascarpone vanilla lembut, dan sirup mapel, wafel berwarna hitam pekat itu siap memanjakan lidah.

Oh ya, Little Loco juga sering merilis menu-menu spesial yang berbeda setiap bulannya, lho.

Coffee Lovers Walk Tour, Melbourne

Penyajian kopi di salah satu kafe di Melbourne, Australia(Dok. Visit Victoria) Penyajian kopi di salah satu kafe di Melbourne, Australia

Melbourne dikenal karena kecintaannya terhadap kopi. Bagi Melburnian, sebutan bagi penduduk Melbourne, kopi sudah menjadi budaya yang berevolusi menjadi karya seni.

Tak heran jika ibu kota Victoria ini punya kurang lebih 2.000 kafe dan kedai kopi yang tersebar di setiap sudutnya. Kamu juga bisa menemukan beberapa barista kopi terbaik dunia di Melbourne.

Berbagai jenis biji kopi dan teknik penyajian bisa kamu temukan, mulai dari kopi single origin, campuran, kopi hijau, penyajian pour over, cold drip, hingga siphon.

Jika ingin pengalaman berbeda, kamu bisa mengikuti Coffee Lovers Walk Tour. Ditemani pemandu berpengalaman, tur ini mengajak pelancong mencicipi kopi-kopi terbaik di Melbourne sambil berjalan kaki di pagi hari.

Peserta akan dibawa menuju 4 kedai kopi pilihan dan mencicipi 4 jenis kopi berbeda yang disajikan oleh barista serta pemanggang biji kopi berpengalaman. Selain itu, peserta tur juga bisa menambah wawasan seputar dunia kopi, mulai dari proses pemetikan di perkebunan hingga tersaji di gelas.

Small Print, Perth

Ragam hidangan dari Small Print Baker and Coffee Maker di Perth, Australia (Dok. Facebook Small Print) Ragam hidangan dari Small Print Baker and Coffee Maker di Perth, Australia

Siapa yang bisa menolak roti hangat dan secangkir kopi untuk mengawali aktivitas di pagi hari? Di Small Print Baker and Coffee Maker, kamu bisa mendapatkan keduanya.

Terletak di kawasan Brookfield Place, Small Print mengombinasikan toko roti, tempat sangrai kopi, dan kafe di satu tempat. Hasilnya, produk-produk yang disajikan terjamin kesegarannya.

Di sini proses sangrai kopi dilakukan pukul 6.30 pagi setiap harinya. Kopi-kopi di Small Print berasal dari berbagai tempat di seluruh dunia.

Semuanya dipanggang langsung di tempat untuk menghasilkan kopi terbaik di Perth. Tinggal pilih cara penyajian sesuai selesai, seperti espresso, pour over, kopi saring, atau cold brew.

Selain kopi dan roti, Small Print juga menyajikan beragam hidangan untuk sarapan dan brunch. Menu sarapannya bisa dipesan mulai pukul 7 pagi. Sementara itu, brunch dimulai pukul 11.30- 02.00 siang.

Bagaimana, tertarik menjelajahi kafe-kafe di Australia setelah pandemi mereda? Kalau begitu siapkan dulu rencananya dari sekarang, yuk.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com