Advertorial

Dapur Nyaman, Kunci Semangat Memasak

Kompas.com - 18/07/2020, 18:26 WIB

KOMPAS.com – Memasak tak hanya butuh keahlian, tapi juga semangat. Tak heran ada ungkapan, cooking with love.

Bukan sekadar ungkapan, pakar tata boga Tanah Air Sisca Soewitomo mengamini hal tersebut. Menurutnya, suasana hati sangat memengaruhi hasil masakan. Sebab, memasak tak hanya menyatukan bahan-bahan, tapi juga emosi pembuatnya.

“Ketika seseorang memasak dengan suasana hati yang baik, dapat dipastikan masakan yang dibuat akan lebih enak,” tambahnya.

Namun, ada kalanya semangat memasak turun dikarenakan kondisi dapur yang tidak mendukung, entah itu berantakan atau tidak lengkapnya perabotan.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa memulainya dengan membenahi dapur, seperti berikut.

Hiasi dengan warna cerah

Penulis spesialisasi kuliner untuk surat kabar The Guardian, Felicity Cloake mengaku, warna dapur yang cerah membuatnya lebih bahagia saat berada di dalamnya.

Padahal awalnya, Cloake yang juga penulis beberapa buku kuliner itu sempat berencana untuk membuat dapurnya bernuansa netral dengan dinding ubin berwarna metro abu-abu.

Dalam dunia psikologi, warna memang memiliki pengaruh terhadap suasana hati. Hal ini disebut dengan colour association.

Ada empat pilihan warna cerah yang bisa diterapkan di dapur untuk membangkitkan semangat memasak Anda, yaitu krem, oranye terang, biru tua, atau kuning.

Jika tidak memungkinkan untuk mengecat seluruh tembok dapur, Anda bisa menyiasati dengan memasang wallpaper berwarna cerah atau bermotif unik di permukaan atau pintu kabinet.

Opsi lainnya, cukup dengan menambahkan perabot estetik atau karpet yang tentunya juga berwarna cerah sebagai dekorasi.

Lengkapi perkakas masak

Keterbatasan peralatan kerap kali menjadi alasan orang enggan memasak sendiri di rumah. Padahal, bisa saja sebelumnya niat untuk menjajal resep tertentu sudah muncul di pikiran.

Misalnya, ingin membuat cake. Namun, karena tidak tersedianya peralatan semacam mixer dan oven, keinginan itu harus diurungkan.

Memang, ketidaktersediaan peralatan tersebut bisa diakali dengan meminjam. Akan tetapi, cara ini terkesan merepotkan.

Juru masak asal Australia, Donna Hay mengatakan, dalam urusan peralatan dapur, ia menerapkan filosofi serupa seperti saat membeli sepatu dan tas.

“Manjakan diri Anda sendiri. Berinventasilah pada barang-barang berkualitas. Pilih pisau berkualitas, mixer berkualitas baik, atau oven. Ini akan membuat perbedaan dalam hal memasak,” katanya.

Nah, untuk peralatan dapur berkualitas, Anda bisa menemukannya di Tokopedia. Mulai dari mixer, oven, hingga blender semua tersedia di sana. Semakin lengkap peralatan masak, semakin menyenangkan pula kegiatan memasak.

Jaga kerapihan dapur

Selain warna menarik dan lengkapnya peralatan masak, kerapian dapur juga perlu dijaga agar Anda makin semangat untuk memasak.

Hal tersebut bisa dimulai dengan mengelompokkan atau menata perabotan dapur sesuai fungsinya. Begitu juga dengan bahan-bahan masakan.

Saat usai digunakan, biasakan diri untuk menempatkan peralatan sesuai tempatnya. Dengan cara ini pula Anda jadi tak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk beres-beres dapur.

Nah, semoga tips di atas membantu, ya. Ingat, memasak sendiri jauh lebih terjamin, mulai dari faktor kebersihan hingga nutrisinya. Dengan begitu, kesehatan tubuh pun akan semakin terjaga.

Untuk mencari perlengkapan dapur lainnya, silakan kunjungi Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com