Advertorial

No Sleep For Weekend 2020: Konferensi Online Berbagi Ilmu untuk Generasi Muda Indonesia

Kompas.com - 22/07/2020, 13:20 WIB

Kompas.com – We The Youth bekerja sama dengan Dyandra Promosindo mengadakan konferensi online bertajuk No Sleep For Weekend 2020. Rencananya konferensi ini akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2020 melalui platform Zoom webinar.

Mengusung tema “Living The World Anew”, acara ini akan mengundang akademisi dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya untuk membicarakan masa depan puncak demografis Indonesia.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, saat ini tenaga kerja Indonesia di dominasi oleh generasi muda.

Angka ini akan terus meningkat dan mencapai puncaknya pada tahun 2040. Sementara itu, penelitian dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan bahwa generasi muda saat ini lebih pesimis tentang masa depan mereka daripada beberapa tahun yang lalu.

Executive Director dari We The Youth, Dyah Ayu Widyaswari mengatakan, bahwa saat ini generasi muda sedang diuji ketahanan dan kekuatannya dengan tantangan masa pandemi.

Diharapkan dengan adanya acara ini bisa mendidik dan membimbing generasi muda mencapai kesuksesan dan membawa Indonesia menjadi bangsa yang hebat, terutama dalam menghadapi tekanan pandemi.

Generasi muda mengalami revolusi besar tentang bagaimana merangkul masa depan mereka, terlebih dengan kenormalan baru yang memerlukan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dok. No Sleep for Weekend 2020 Dok. No Sleep for Weekend 2020

Disisi lain, pandemi ini juga mengubah perilaku generasi muda menjadi lebih kreatif menggunakan internet untuk berkembang, demi tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bulan Maret 2020 menyebutkan penggunaan internet menunjukkan peningkatan hingga 40 persen.

“Melalui sebuah gerakan ini, kami bertujuan untuk menjadi media peleburan generasi emas Indonesia dengan memberikan informasi mengenai isu-isu terbaru dan menginspirasi generasi muda untuk memperluas pengetahuan dan membangun jaringan mereka,” ujar Ratu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Head of Convention Dyandra Promosindo, Abynprima Rizky mengatakan, bahwa pandemi ini merupakan tantangan bagi banyak elemen masyarakat, terutama generasi muda. Sehingga meningkatnya penggunaan internet dilihat sebagai peluang dan berusaha menyediakan medium belajar generasi muda dengan konferensi online.

Masih menurut Abynprima, acara ini akan membahas topik mengenai harapan dan memberikan optimisme mengenai ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19 dari sudut pandang pemerintah, akademisi maupun praktisi, baik sebagai unit usaha maupun individu.

“Pembicara juga dipersilahkan untuk berbagi data atau informasi yang relevan seputar topik pembahasannya masing-masing,” Jelas Abynprima.

Sejumlah narasumber yang turut mengisi acara pada No Sleep For Weekend 2020 nanti adalah Vice President Komunikasi PT. KCI Anne Purba, Staff Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ari Juliano Gema, Ilustrator Hari Prast, Vice President Investasi MDI Ventures Aldi Adrian, dan Relawan Gerakan Masker untuk Indonesia Kevin Osmond.

Selanjutnya masih ada Associate Director Co.Think Research Venny Asyita, Psikolog Yayasan Pulih Aene Marella, Team Leader Glints Haryotomo Wiryasono , Founder & CMO Dr Soap Eunike Selomith, COO Rumah Siap Kerja Tinton Ardian, Founder Calla The Label Yeri Afriyani, dan Pengusaha Rico Lubis.

Acara ini akan akan membahas dua topik berbeda yang dibagi dalam dua hari. Topik hari pertama akan membicarakan tentag Thrive Through Pandemic with Self Thought, Reimagine Health Culture 2.0. Sedangkan hari kedua akan membicarakan topik We The Hope, Job Hunting Through Pandemic dan Collaborate With Your Network.

Para pakar sekaligus narasumber ini akan memberikan ilmu dan motivasi kepada generasi muda agar generasi muda siap menghadapi masa depan seperti kreativitas, berpikir kritis, kemampuan komunikasi, dan kolaborasi.

Jika tertarik dengan acara webinar No Sleep For Weekend 2020, tiket dijual dengan harga Rp 27.500 untuk dua hari termasuk dengan sertifikat elektronik yang dikirimkan melaluia email terdaftar.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut bisa langsung melalui website dan official instagram No Sleep For Weekend di @nosleepforweekend.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com