Advertorial

Ubah Rumah Jadi Lebih “Smart” dengan 4 Gadget Ini

Kompas.com - 23/07/2020, 13:18 WIB

KOMPAS.com – Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan dunia digital, pemanfaatan teknologi pintar tidak lagi terbatas pada gadget, seperti ponsel atau laptop.

Lebih jauh, aplikasi teknologi pintar juga sudah merambah hingga tempat tinggal. Hunian seperti ini dikenal dengan konsep smart home.

Smart home atau rumah pintar merupakan konsep hunian masa depan yang memanfaatkan teknologi internet of things (IoT) dan koneksi internet. Dengan teknologi itu, hampir seluruh perangkat elektronik di rumah dibuat “pintar” dan saling terhubung.

Lewat konsep itu, berbagai perangkat elektronik, mulai dari keamanan rumah, televisi, AC, lampu, hingga dispenser dapat dikendalikan dengan smartphone atau komputer.

Selain mengontrol perangkat dari jarak jauh, teknologi smart home juga bisa membuat perangkat bekerja otomatis. Misalnya, mengatur lampu kamar agar otomatis menyala di jam-jam tertentu atau menghidupkan mesin pembuat kopi setiap pukul 7 pagi.

Bagi kamu yang baru ingin mencoba menerapkan teknologi smart home, bisa memulainya dengan menggunakan beberapa perangkat berikut ini.

Smart light bulb

Smart light bulb atau lampu pintar merupakan teknologi pencahayaan yang dikendalikan lewat jaringan nirkabel (WiFi atau koneksi internet).

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengendalikan pencahayaan dari jarak jauh lewat aplikasi smartphone. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan suasana ruangan yang lebih hangat, nyaman, dan efisien.

Smart light bulb terbagi menjadi dua jenis, yakni lampu dengan cahaya putih dan lampu yang bisa memancarkan banyak kombinasi warna.

Untuk jenis lampu putih biasanya hanya bisa mengatur tingkat kecerahannya, dari redup hingga terang. Sementara itu, lampu dengan kombinasi warna dapat memancarkan sekitar 16 juta warna yang bisa diatur melalui aplikasi smartphone.

Smart plug

Smart plug memiliki bentuk mirip colokan listrik pada umumnya. Bedanya smart plug telah disematkan teknologi IoT dan koneksi WiFi. Alhasil, smart plug bisa membuat benda dan perangkat elektronik konvensional di rumah kamu jadi pintar.

Pembuat kopi, lampu belajar, kipas angin, AC, televisi, dispenser, dan berbagai perangkat elektronik bisa dikendalikan lewat satu aplikasi smartphone.

Pengendalian dari jarak jauh lewat smartphone juga memudahkan mengatur konsumsi energi peralatan elektronik sehingga kamu bisa menghemat tagihan listrik.

Untuk menggunakannya pun mudah. Cukup gunakan smart plug sebagai perantara antara colokan listrik biasa dan kabel perangkat elektronik.

Android smart TV Box

Buat kamu yang ingin punya smart tv tapi budget terbatas, smart tv box adalah jawabannya. Dengan alat satu ini televisi jadul kamu di rumah bisa disulap jadi televisi pintar.

Android smart tv box adalah perangkat tambahan untuk mengubah televisi biasa menjadi televisi berbasis sistem operasi Android. Dengan perangkat ini, kamu bisa menonton tv, memutar musik, menonton film lewat aplikasi streaming, hingga bermain game.

Untuk menggunakannya, kamu tinggal menghubungkan perangkat tv box ke televisi serta jaringan internet, seperti koneksi WiFi atau kabel ethernet.

Smart infrared remote

Smart infrared remote merupakan pemancar sinar infrared pintar yang bisa menggantikan fungsi remote perangkat elektronik di rumah.

Teknologi tersebut bisa membuat smartphone kamu menjadi remote untuk berbagai perangkat elektronik di rumah yang diatur menggunakan remote infrared. Misalnya, televisi, pendingin ruangan, DVD, hingga smart tv box.

Sama seperti perangkat pintar lainnya, remote pintar ini juga bisa mengendalikan perangkat elektronik dari jarak jauh lewat satu ketukan di smartphone.

Itu tadi beberapa gadget yang bisa menjadikan rumah kamu lebih pintar. Meskipun menawarkan teknologi canggih, perangkat-perangkat pintar itu memiliki harga yang cukup ramah dikantong.

Bahkan, harganya bisa lebih terjangkau jika kamu memanfaatkan promo Waktu Indonesia Belanja (WIB) di Tokopedia.

Lewat promo yang berlangsung pada 25-35 Juli 2020 itu, kamu bisa menikmati berbagai keuntungan, mulai dari Kejar Diskon Tokopedia, Pesta Promo Brand Pilihan, cashback spesial, hingga promo bebas ongkir (ongkos kirim). Jangan lupa catat tanggalnya agar tidak ketinggalan keseruan promo belanja di Tokopedia. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com