Advertorial

Agar Tidur Makin Nyenyak, Ikuti Tips Memilih Sprei Berikut

Kompas.com - 24/07/2020, 13:49 WIB

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, mendapatkan tidur berkualitas merupakan anugerah yang patut disyukuri. Pasalnya, berdasarkan survei Royal Philips pada 2020, tidak banyak orang yang dapat tidur dengan nyenyak.

Dari 13.004 responden di 13 negara, hanya 49 persen yang merasa puas dengan kualitas tidurnya. Di negara maju seperti Jepang dan Prancis, tingkat kepuasan tidur bahkan di bawah 40 persen.

Beragam penyebab yang membuat orang makin terjaga di malam hari. Mulai dari stres, lingkungan tidur, hingga pola makan.

Nah, bila kamu termasuk salah satu yang susah tidur, kamu harus segera mengatur strategi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memilih sprei yang tepat di kasur.

Sprei berkaitan dengan kenyamanan. Saat merasa nyaman di atas kasur, kamu bakal lebih mudah terlelap. Begitu pun sebaliknya.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh asal-asalan memilih sprei. Salah memilih dapat berimbas pada kualitas tidur dan tentu saja kesehatan.

Agar tak salah beli, berikut tips memilih sprei yang bagus buat tidur.

Bahan sprei

Kamu dapat memilih bahan sprei sesuai kondisi udara tempat tinggal. Bila kamu tinggal di tempat lembap dan panas, pilih sprei berbahan katun atau linen.

Katun memiliki daya serap cairan yang tinggi sehingga cepat menyerap keringat. Katun juga memberikan efek sejuk dan adem.

Hampir mirip dengan katun, linen memiliki tingkat kenyamanan cukup tinggi. Linen lebih lembut dan halus serta memberikan efek dingin.

Nah, bila kamu tinggal di daerah iklim sejuk atau pegunungan, pilih sprei berbahan yang menghangatkan, seperti rayon. Meski sintesis, rayon tetap lembut dan nyaman digunakan.

Motif dan warna

Selain bahan, motif dan warna turut berpengaruh dengan kenyamanan saat tidur. Kedua hal ini akan berkaitan dengan suasana di kamar.

Oleh karena itu, pilih motif dan warna sesuai dengan tema, ukuran, dan juga pencahayaan di kamar. Bila desain kamarmu bertema minimalis dan sempit, kamu bisa memilih warna monokrom dengan motif polos.

Bila kamarmu kurang cahaya, pilih sprei dengan warna agak terang. Jika menggunakan sprei berwarna gelap, tidurmu bakal terganggu dengan nyamuk. Serangga ini memang suka berkumpul di warna dan pencahayaan gelap.

Pilihan motif bisa lebih bebas jika kamarmu luas. Meski demikian, motif tersebut harus disesuaikan dengan warna cat kamar.

Ukuran sprei dan kasur

Setelah mengetahui bahan, motif, dan warna sprei yang tepat, kini saatnya memerhatikan ukurannya. Salah memilih ukuran juga bikin tidak nyaman.

Bila terlalu besar atau kekecilan, sprei mudah bergeser. Tidurmu pun jadi terganggu dengan lipatan-lipatan sprei akibat bergeser.

Ukuran sprei harus disesuaikan dengan ukuran kasur. Ada empat jenis ukuran kasur yang umum digunakan, single size (100 cm x 200 cm), super-single size (120 cm x 200 cm), queen size (160 cm x 200 cm), dan king size (180-200 cm x 200 cm).

Itu tadi tiga hal yang harus kamu perhatikan saat memilih sprei. Cukup mudah bukan memilih sprei yang nyaman buat tidur?

Sprei dengan kriteria itu dapat dengan mudah dibeli secara daring di Tokopedia. Sebelum membeli, pastikan baca deskripsi dengan cermat dan teliti. Jangan sungkan bertanya kepada seller bila informasi kurang jelas.

Agar tidak boros saat belanja online, kamu bisa memanfaatkan promo Waktu Indonesia Belanja (WIB) di Tokopedia pada 25-31 Juli 2020 mendatang.

Di Tokopedia, kamu bisa temukan promo WIB, mulai dari Kejar Diskon, Pesta Promo Brand Pilihan, cashback, hingga bebas ongkos kirim.

Manfaatkan keseruan promo Tokopedia dan dapatkan sprei idamanmu!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com