Advertorial

Akselerasi Digitalisasi UMKM, BRI Sinergikan Tiga Ekosistem

Kompas.com - 24/07/2020, 21:02 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (Bank BRI) menyinergikan tiga ekosistem sebagai terobosan untuk mengakselerasi digitalisasi segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air agar bertahan dan bangkit di tengah pandemi.

Ketiga ekosistem tersebut yakni ekosistem pasar, ekosistem digital, dan ekosistem desa. Memadukan tiga ekosistem tersebut, Bank BRI tengah membangun ekosistem bisnis sebagai sumber pertumbuhan berkelanjutan.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan sesuai pengembangan roadmap digital, Bank BRI bertekad melayani lebih banyak masyarakat dengan biaya seefisien mungkin.

Misi ini sejalan dengan jargon go smaller, go shorter, dan go faster yang dimiliki Bank BRI.

“Situasi krisis akibat pandemi corona mendorong kami berinovasi lebih cepat. Kami menyinergikan tiga eksosistem sebagai cara kami mendigitalisasi UMKM agar terus bertumbuh, bangkit dari tekanan dampak (pandemi) corona,” kata Sunarso, dalam webinar nasional “The Future of Digital Banking”, Kamis (23/7/2020) dalam keterangan tertulis.

Lewat sinergi tiga ekosistem tersebut, Bank BRI memberikan edukasi, pendampingan, infrastruktur dan branding serta promosi bagi pelaku usaha.

Bentuk-bentuk dukungan tersebut dinilai sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM, selain faktor pembiayaan.

Sunarso mengatakan, untuk ekosistem pasar misalnya, Bank BRI membantu pasar tradisional dengan memperkenalkan belanja online, baik melalui Whatsapp, website, mobile apps, maupun kerjasama dengan start up.

“Kami bangun (situs) web pasar yang mendukung hasil panen dari desa mengalir ke pasar lalu diserap oleh konsumen melalui belanja online. Jadi kami digitalisasi pasar tradisional,” papar Sunarso.

Bank BRI berkomitmen untuk memperluas kehadiran situs web pasar sehingga semakin banyak pedagang tradisional yang diberdayakan dan jumlah pasar tradisional yang terdigitalisasi kian bertambah.

Saat ini, Bank BRI memiliki 4.247 situs web pasar dengan jumlah pedagang terdaftar sebanyak 45.432 orang. Targetnya, Bank BRI dapat membangun 5.241 situs web pasar dan memberdayakan 52.410 orang.

“Potensi pasar tradisional di Indonesia ini mencapai 14.182 pasar dan jumlah pedagang sebanyak 2,54 juta orang. Kami mendedikasikan satu orang mantri di tiap-tiap pasar untuk memberi edukasi ke anggota ekosistem pasar, salah satunya terkait cashless society,” lanjut Sunarso.

Terkait ekosistem digital, Bank BRI telah menggandeng sejumlah perusahaan e-commerce besar dan ride hailing, mulai dari Tokopedia, Grab, Bukalapak, Shopee, Gojek, untuk pembiayaan KUR kepada merchant atau mitra mereka.

Sedangkan untuk ekosistem desa, Bank BRI mendukung pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan klaster dan produk unggulan serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Sunarso melanjutkan, langkah Bank BRI mengorkestrasi ekosistem digital tersebut merupakan salah satu dari tiga pilar strategi digital perseroan, selain digitalisasi bisnis proses dan menghadirkan bisnis model baru demi menunjang kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat.

“Kami terus melanjutkan tranformasi bisnis, baik aspek digital dan budaya. Digital sudah menjadi DNA Bank BRI. Kami juga telah mengadopsi open banking dan membuka kemungkinan pemanfaatan teknologi blockchain untuk mendukung proses bisnis,” ujar Sunarso.

Berbagai produk dan layanan digital telah dihadirkan oleh Bank BRI, mulai dari BRIspot, produk digital loan dan saving Ceria, BRImo,  hingga situs web pasar.

Bank BRI juga agresif membangun Kerjasama dengan start up fintech seperti Investree, TaniHub, LinkAja, dan memperkuat P2P lending seperti Modalku dan Investree.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com