Advertorial

Kenalan dengan Elderberry, Buah Mungil Penjaga Daya Tahan Tubuh

Kompas.com - 28/07/2020, 10:45 WIB

KOMPAS.com – Buah elderberry mungkin belum sepopuler buah beri lain di Indonesia, seperti stroberi atau blueberry. Meski begitu, buah elderberry memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Elderberry merupakan buah beri berwarna ungu tua yang berasal dari semak elder. Buah berukuran kecil ini kaya akan antioksidan bernama antosianin yang dikenal mampu meredakan demam, mengatasi flu, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain antioksidan, buah dengan rasa asam segar ini juga memiliki berbagai kandungan nutrisi dan vitamin.

Mengutip medicalnewstoday.com, setiap satu cangkir buah elderberry mengandung 106 kalori, 26,68 gram karbohidrat, 870 miligram vitamin A, 52,2 miligram vitamin C, 406 miligram potasium, 9 miligram folat, 55 miligram kalsium, dan 2,32 miligram zat besi.

Buah elderberry juga merupakan sumber serat yang baik. Jumlah kandungan serat per cangkir sebesar 10,2 miligram.

Karena segudang kandungan nutrisi serta vitamin tersebut, elderberry menjadi salah satu buah yang punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa di antaranya.

Meredakan gejala pilek dan flu

Sirup buah elderberry telah banyak digunakan sejak lama untuk mengatasi pilek dan flu. Obat ini dipercaya mampu menurunkan tingkat keparahan serta lamanya infeksi jika diminum dalam waktu 48 jam setelah gejala flu dan pilek dirasakan.

Melansir laman healthline.com, sebuah studi yang diikuti 64 orang menemukan bahwa konsumsi tablet isap yang mengandung 175 miligram ekstrak elderberry selama dua hari mampu mengurangi gejala flu dengan cukup signifikan.

Gejala-gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, dan hidung tersumbat berkurang hanya dalam waktu 24 jam setelah tablet dikonsumsi.

Penelitian lain yang melibatkan 60 orang mengungkapkan, gejala flu pada seseorang dapat berkurang setelah 2-4 hari usai mengonsumsi secara rutin 15 mililiter sirup elderberry sebanyak empat kali sehari.

Baik untuk kesehatan jantung

Senyawa antosianin dalam elderberry tidak hanya mampu mengobati flu, tapi juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Buah elderberry dikenal mampu mengurangi tingkat lemak dalam darah dan mengurangi tingkat kolesterol. Elderberry juga mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah yang sering kali menjadi pemicu darah tinggi dan efek negatif lainnya untuk kesehatan jantung.

Bahkan, sebuah studi menemukan, tanaman elderberry memiliki kandungan alpha-glucosidase yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam aliran darah.

Mengatasi sembelit

Buah elderberry kering yang diolah menjadi teh ternyata mampu membantu mengatasi sembelit. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Selain itu, elderberry juga memiliki efek pencahar karena adanya kandungan senyawa antrakuinon di dalamnya. Antrakuinon merupakan senyawa yang mampu menghambat penyerapan air di usus.

Kandungan itu dapat meningkatkan tekanan usus dan merangsang gerak peristaltik sehingga usus lebih mudah membersihkan diri.

Amunizer merupakan ramuan herbal dengan kandungan buah elderberry yang mampu menjaga daya tahan tubuh (Dok. Amunizer) Amunizer merupakan ramuan herbal dengan kandungan buah elderberry yang mampu menjaga daya tahan tubuh

Untuk mendapatkan nutrisi serta manfaat buah itu, Anda tidak perlu repot mencari buah elderberry segar. Sekarang seluruh manfaat buah elderberry tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen, seperti Amunizer.

Dengan kandungan ekstrak buah elderberry di dalamnya, ramuan herbal alami dari Enesis Group ini mampu menjaga daya tahan tubuh secara intensif sehingga tidak mudah sakit.

Tidak hanya elderberry, Amunizer juga memiliki berbagai kandungan berkhasiat lainnya, yakni vitamin C 1.000 miligram, zinc, forsythia, phyllanthus, dan lonicera.

Hadir dengan bentuk bubuk dalam kemasan saset, Amunizer dapat menjadi amunisi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi virus Covid-19.

Karena itu, jangan lupa untuk mengonsumsi Amunizer secara rutin agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. Segera kunjungi tautan ini untuk mendapatkan manfaat Amunizer. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com