Advertorial

Beli Smartphone via Online, Pastikan Aman dengan Tips Berikut

Kompas.com - 10/08/2020, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19, belanja via online menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Selain meminimalisasi risiko penularan, belanja produk secara online dianggap lebih mudah dan praktis.

Meski begitu, keraguan mungkin masih saja muncul saat hendak berbelanja produk secara online. Misalnya saja membeli produk smartphone.

Kekhawatiran muncul saat mempertimbangkan keaslian produk, keamanan pengiriman, garansi, dan harga.

Membeli smartphone secara online memang punya risiko. Akan tetapi, kamu bisa menghindarinya kok.

Nah, agar tetap aman saat membeli smartphone via online, ikuti tips berikut.

Ulasan produk

Saat ini, kehadiran kreator konten di berbagai medium, seperti Youtube, Instagram, ataupun blog, memudahkan untuk mencari ulasan produk gadget.

Sebelum membeli, kamu bisa lebih dulu membaca atau menonton ulasan yang dibuat kreator konten tersebut. Cari tahu dengan detail produk yang kamu incar. Mulai dari spesifikasi, fitur, kelebihan, kekurangan, hingga harga.

Bila perlu, carilah konten yang membandingkan dua atau lebih smartphone di kelas yang sama dan sesuai bujet. Jadi, kamu bisa mendapatkan gambaran lebih jelas sebelum memutuskan membeli ponsel baru.

Tonton dan baca beragam ulasan produk hingga kamu yakin membeli produk yang diincar.

Belanja di official store

Berbagai merek ponsel ternama kini ikut meramaikan pasar e-commerce dengan memiliki toko resmi (official store) di platform belanja online. Contohnya saja di Tokopedia.

Marketplace terbesar di Indonesia ini telah menggandeng merek-merek ponsel ternama untuk membuat official store, seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, dan lain-lain.

Kamu bisa memanfaatkan kemudahan ini dengan membeli smartphone langsung dari toko brand ponsel yang kamu inginkan.

Dengan begitu, kamu tak perlu ragu lagi soal keaslian karena setiap smartphone yang dijual telah terverifikasi. International Mobile Equipment Identity (IMEI) produk pun juga bisa dipastikan sudah terdaftar di pemerintah.

Membeli smartphone di official store Tokopedia juga memudahkan mendapatkan layanan purnajual karena produk yang dibeli sudah dibekali garansi resmi. Jika selama masa garansi ada kerusakan, kamu bisa mengklaim garansi tersebut tanpa ragu.

Packing produk

Saat membeli smartphone via online, tak ada salahnya kamu menanyakan langsung pada penjual (seller) soal pengemasan produk saat dikirim. Apalagi, produk elektronik rentan rusak bila tidak dikemas dengan baik.

Kamu bisa meminta pada penjual untuk membungkus smartphone dengan bubble wrap agar terhindari dari hal yang tidak diinginkan.

Agar lebih aman lagi, sebaiknya produk dikemas dengan packing kayu dan diasuransikan. Namun ingat, siapkan dana ekstra untuk membayar biaya tambahan kemasan dan asuransi tersebut ya.

Situs belanja tepercaya

Saat memutuskan membeli smartphone secara online, pilih situs e-commerce yang dipercayai banyak konsumen.

Adapun platform belanja tepercaya biasanya memiliki sistem perlindungan untuk menjamin keamanan konsumen saat bertransaksi.

Salah satu platform belanja tepercaya adalah Tokopedia. Pasalnya, keamanan setiap aktivitas jual beli dan proses transaksi di Tokopedia terjamin.

Tokopedia juga rajin berbagi promo setiap bulannya. Contohnya saja promo kejar diskon Tokopedia yang dapat digunakan untuk membeli smartphone.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti flash sale Tokopedia untuk mendapatkan barang impianmu dengan harga terbaik.

Masih ada tawaran menarik lai, seperti gratis ongkos kirim hingga Rp 40.000 untuk pengiriman di seluruh Indonesia.

Jangan ketinggalan kesempatan emas ini. Segera cek kejar diskon untuk mendapatkan beragam produk yang kamu inginkan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com