Advertorial

Layani Perdesaan, Pertamina Hadirkan Pertashop di 19 Provinsi

Kompas.com - 10/08/2020, 19:44 WIB

KOMPAS.com -  PT Pertamina (Persero) terus menjalankan program pembangunan Pertamina Shop (Pertashop) di seluruh wilayah Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, setelah memasuki era new normal, pembangunan Pertashop di sejumlah wilayah kembali digencarkan Pertamina.

“Pertamina terus memperluas jangkauan masyarakat terhadap bahan bakar minyak (BBM) dan liqueified petroleum gas (LPG) di antaranya dengan membangun Pertashop,” kata Fajriyah dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Sedikit informasi, Pertashop merupakan lembaga penyalur BBM Pertamina berskala kecil untuk melayani kebutuhan konsumen yang belum dapat terlayani oleh lembaga penyalur resmi seperti SPBU karena alasan jarak atau akses. Misalnya saja seperti di perdesaan.

Selain BBM, Pertashop juga menyediakan produk andalan Pertamina lainnya, seperti LPG Bright Gas dan pelumas.

“Kini Pertashop yang telah beroperasi siap melayani masyarakat di desa dengan menghadirkan berbagai produk Pertamina dengan kualitas terjamin, takaran yang tepat, serta harga yang sama dengan SPBU,” ujarnya.

Fajriyah menjelaskan, saat ini di Jawa dan Bali telah terbangun 110 outlet Pertashop. Sementara, di luar Jawa sebanyak 37 penyalur telah beroperasi.

Pada Juli 2020, Pertamina tercatat melakukan pembangunan Pertashop dengan jumlah yang signifikan yaitu 88 outlet.

Hingga Agustus 2020, Pertamina tercatat sudah memiliki 147 mini outlet Pertashop di 19 provinsi. 

Pembangunan Pertashop, lanjut Fajriyah, akan terus berlanjut ke seluruh kecamatan yang belum memiliki penyalur BBM dan LPG.

Selain itu, Pertamina akan memprioritaskan lembaga desa dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai pengelola Pertashop.

Hal tersebut sejalan dengan Program Pertamina One Village One Outlet sehingga ke depannya desa-desa memiliki pusat ekonomi baru.

“Dengan dukungan pemerintah dan seluruh stakeholders, Pertamina berharap program Pertashop dapat melengkapi kesuksesan Program BBM Satu Harga yang saat ini telah dinikmati masyarakat di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T),” imbuhnya.

Bagi masyarakat desa yang ingin membuka Pertashop, informasi persyaratan bisa dilihat di situs web https://spbu.pertamina.com/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com