Advertorial

Pertamina Gandeng Peruri untuk Terapkan Digital Security

Kompas.com - 10/08/2020, 23:08 WIB

KOMPAS.com – Dalam upaya meenerapkan digital security untuk memperkuat integritas dan transparansi, PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).  

Kerja sama tersebut melingkupi pemanfaatan sertifikat elektronik, solusi digital, kode keamanan (security code), hingga tanda tangan elektronik untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik serta layanan keamanan digital.

Adapun komitmen kedua perusahaan tertuang dalam memorandum of understanding (MoU) antara Pertamina dan Peruri yang ditandatangani langsung Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama Perum Peruri Dwina Septian di Jakarta, Senin (10/8/2020). 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, untuk menjalankan aktivitas perusahaan yang lebih baik, perlu transformasi organisasi dengan tata kelola yang baik atau istilahnya good corporate governance. Untuk mencapai hal ini, dibutuhkan keterlibatan seluruh karyawan.

“Faktor utama keberhasilan transformasi adalah integritas dari seluruh pekerja” kata Nicke dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Nicke menjelaskan, nota kesepahaman tersebut merupakan bagian implementasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti-Penyuapan sekaligus sejalan dengan tata nilai BUMN, terutama memegang teguh kepercayaan.

Nicke berharap, kerja sama tersebut berkontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan pada stakeholder dan customer, termasuk jaminan keaslian produk-produk Pertamina.

Lagi pula, pihaknya menilai, Peruri terbukti mampu memberi layanan digital security dengan level keamanan tinggi dan terbaik.

"Semoga kerja sama ini bisa menjadi salah satu bentuk kontribusi Pertamina kepada Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat, berintegritas, sekaligus memberi layanan terbaik untuk masyarakat Indonesia,” imbuhnya. 

Sementara itu, Direktur Utama Perum Peruri Dwina Septiani menyampaikan apresiasi pada Pertamina telah memberi kepercayaan untuk mendukung proses transformasi digital Pertamina.

“Kami siap mendukung program digitalisasi Pertamina untuk mendukung proses bisnis sehingga dapat mewujudkan perusahaan yang berdaya saing global, bersih, serta transparan,” ujarnya.

Ruang lingkup nota kesepahaman tersebut meliputi pemanfaatan Peruri Code, Peruri Sign dan Peruri Trust.

Peruri Code merupakan kode unik yang diproduksi sistem Peruri pada label security dokumen dan atau media lain untuk menyimpan informasi publik dan privat.

Peran Peruri Code antara lain sebagai penjaminan keaslian (authentication), kontrol distribusi (supply chain), dan penjaga brand image.

Adapun Peruri Sign merupakan platform penjamin kerahasiaan data (confidentiality), melindungi integritas isi dokumen (data integrity), menjamin keaslian data (authentication), dan jaminan nirsangkal (non-repudiation) dari suatu dokumen elektronik sehingga dapat diketahui keabsahan dan keasliannya.

Sementara, Peruri Trust adalah platform digital yang memanfaatkan produk Peruri Code dan atau Peruri Sign untuk dapat melakukan fungsi pengawasan atau end-to-end real time monitoring.

Penandatanganan MoU antara Pertamina dan Peruri sejalan dengan program restrukturisasi Pertamina untuk melakukan transformasi berkelanjutan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com