Advertorial

Toyota Luncurkan All New Corolla Cross

Kompas.com - 12/08/2020, 13:08 WIB

KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan kejutan untuk para pelanggan di Indonesia dengan meluncurkan All New Corolla Cross. Mobil ini adalah sport utility vehicle (SUV) High Compact yang menawarkan beragam keunggulan. 

All New Corolla Cross memiliki teknologi canggih dan desain elegan dengan tetap menampilkan keunggulan SUV modern yang fun, nyaman, serta fungsional guna menunjang ragam aktivitas penggunanya. Selain itu, mobil ini memiliki teknologi ramah lingkungan dengan adanya varian hybrid electric vehicle (HEV). 

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda mengatakan, All New Corolla Cross merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond. 

“Mengusung konsep Simple & Stylish with Urban Sleek Look, All New Corolla Cross hadir dengan style elegan dan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Selain itu, kendaraan ini dilengkapi teknologi advance dengan keunggulan SUV Toyota yang tangguh dan nilai fungsionalitas tinggi,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (7/8/2020). 

Saat ini produk SUV makin populer di dunia, termasuk di Indonesia. Pada 2019, penjualan SUV Toyota di Indonesia naik signifikan hingga 64 persen dibandingkan dengan 2014. Di periode yang sama, pasar SUV Indonesia juga meningkat 65 persen. 

Hal tersebut menunjukkan produk SUV kian diterima dengan baik oleh masyarakat. Oleh karena itu, Toyota memperluas jangkauan pasar dengan memperkenalkan produk SUV baru yang dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup dan simbol status sosial yang lebih tinggi bagi pemiliknya. 

Desain eksterior Corolla Cross menampilkan kesan elegan, dinamis, dan powerful sebagai ciri khas Corolla. Sedangkan postur tubuh yang tinggi dan gagah, mencitrakan diri sebagai Urban SUV berkelas. 

Selain itu, desain bodi yang tebal, kokoh, dan aerodinamis merupakan pernyataan atas status sosial pemiliknya yang mapan dan memiliki taste tinggi. 

All New Corolla Cross hadir dalam dua varian yang memiliki transmisi continuously variable transmission (CVT), yaitu All New Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan All New Corolla Cross HEV. 

Kehadiran Corolla Cross HEV tidak hanya menempatkan Toyota sebagai brand dengan varian kendaraan elektrifikasi terbanyak di Indonesia, tetapi juga menawarkan pilihan yang semakin luas kepada pelanggan. 

All New Corolla Cross menggunakan mesin 1.8L 2ZR-FE berbahan bakar gasoline yang mampu mencapai power maksimum 140 ps/6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm/4.000 rpm. 

SUV perkotaan dengan kapasitas lima penumpang ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. All New Corolla Cross memberikan ruang yang memadai antara bangku baris pertama dan kedua, termasuk ruang bahu penumpang yang lega dan nyaman. 

Wheelbase sejauh 2.640 mm tidak hanya membuat area kabin semakin lapang, tetapi juga memastikan mobil terasa nyaman di jalan. Terlebih volume bagasi yang luas dengan ketinggian lantai yang pas memudahkan pengguna untuk meletakkan barang. 

Sesi test drive All New Corolla Cross (Dok. Toyota) Sesi test drive All New Corolla Cross (Dok. Toyota)

All New Corolla Cross memberikan head clearance sejauh 105 mm di depan dan 87 mm di belakang yang memberikan ruang nyaman bagi penumpang di area depan dan belakang. 

Selain itu, pintu belakang dirancang lega untuk memudahkan akses keluar dan masuk penumpang. Jendela yang lebar pun memberikan keleluasaan untuk melihat pemandangan keluar. Dengan demikian, perjalanan akan terasa lebih nyaman, menyenangkan, dan bebas stres. 

All New Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi. Selain itu, ground clearance  setinggi 165 mm dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman empuk dan nyaman. Melewati berbagai medan, seperti perkotaan, tol, dan pedesaan pun semakin nyaman. 

Visibilitas keluar yang tinggi membuat pengemudi All New Corolla Cross mempunyai kemudahan dan keyakinan tinggi dalam memantau kondisi sekitar mobil. Radius putar 5,2 meter pun membantu pengemudi untuk melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan. 

Sebagai SUV perkotaan, Toyota ingin memastikan penghuni kabin All New Corolla Cross dimanjakan oleh beragam fitur kenyamanan terkini. Interior elegan bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch dan AC digital dual zone

Selain itu, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inci dan head unit 9 inci. Sementara IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis. 

Penumpang di baris kedua pun terjaga kenyamanannya berkat kehadiran kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Keamanan menjadi salah satu concern utama Toyota saat ini, sehingga All New Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru yang siap memberikan rasa tenang pada penumpang. 

Fitur tersebut mulai dari rem ABS+EBD, 3-point seat belt dengan pretensioner dan force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta immobilizer dan alarm. 

All New Corolla Cross HEV 

All New Corolla Cross HEV menjadi produk ke-7 dalam keluarga Toyota di Indonesia yang menggunakan teknologi elektrifikasi. Mulai dari Toyota Prius HEV sebagai pelopor, diteruskan oleh Camry HEV, Alphard HEV, Corolla Altis HEV, C-HR HEV, dan Prius PHEV. 

Varian All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicke (HEV) (Dok. Toyota) Varian All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicke (HEV) (Dok. Toyota)

Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat lebih peduli atas pentingnya kesehatan. 

“Hal itu dapat mempengaruhi masyarakat dalam pemilihan kendaraan untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Kendaraan ramah lingkungan dengan emisi gas buang rendah dan irit bahan bakar, dinilai dapat berkontribusi dalam menghadirkan lingkungan yang sehat di masa depan,” ungkapnya. 

Anton menambahkan, kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan kendaraan elektrifikasi, dimana Toyota menyediakan opsi mesin HEV pada All New Corolla Cross. 

Pengemudi All New Corolla Cross HEV juga mendapat tambahan fitur kenyamanan dengan adanya pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik. Selain itu, terdapat power back door yang dilengkapi kick sensor untuk memberi kemudahan akses pintu bagasi. 

All New Corolla Cross memiliki mesin HEV dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Sementara motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm.  Power unit ini pun lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasoline

“Total Solution” untuk pelanggan All New Corolla Cross 

Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, di tengah situasi pandemi seperti saat ini, Toyota berusaha menghadirkan solusi kepemilikan kendaraan yang lengkap, termasuk untuk pelanggan All New Corolla Cross. 

“Solusi yang ditawarkan adalah memberikan kemudahan dalam membeli dan merawat kendaraan, termasuk juga pilihan KINTO yang bisa memberikan kemudahan menggunakan mobil Toyota tanpa perlu membelinya,” imbuhnya. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan 332 outlet resmi untuk melayani penjualan dan perawatan, termasuk model HEV yang bisa ditangani oleh seluruh bengkel Toyota. 

Pelanggan tidak akan kesulitan mencari lokasi bengkel resmi Toyota serta bisa menikmati semua keuntungan yang ditawarkan, seperti gratis servis berkala sampai dengan servis berkala ke-6 maksimum 4 tahun atau 50,000 km yang termasuk di dalamnya gratis biaya jasa dan suku cadang. 

Selain itu, tersedia pula warranty selama 36 bulan atau 100.000 km yang berlaku di seluruh bengkel resmi Toyota. Pelanggan varian HEV di Indonesia juga mendapatkan tambahan battery warranty 2 tahun atau 50.000 km sehingga total menjadi 5 tahun atau 150.000 km. 

Dari sisi penjualan, Toyota ingin memberikan kemudahan pada calon pemilik All New Corolla Cross melalui program Deal Cermat. Program ini merupakan hasil kerjasama dengan Toyota Astra Finance (TAF) dan Astra Credit Company (ACC). 

Program tersebut memberikan solusi menyeluruh kepemilikan mobil baru Toyota, yaitu hemat, mudah, dan tenang. Program Deal Cermat menghadirkan kemudahan kepemilikan mobil tanpa perlu memikirkan biaya-biaya turunan yang sering membuat repot, bahkan saat ingin membeli mobil baru selanjutnya di masa depan. 

Solusi berikutnya adalah KINTO. Tidak perlu membeli mobil, KINTO adalah solusi memakai mobil baru dengan cara berlangganan yang pertama di Indonesia, terutama untuk konsumen individu. 

KINTO hadir untuk melengkapi gaya hidup baru dalam menggunakan kendaraan dengan jangka panjang secara fleksibel dan mudah, dimana pelanggan dapat mengendarai mobil yang mereka layaknya mengendarai mobil pribadi. Hal itu merupakan bagian dari inisiatif Toyota menjadi mobility company

Selain itu, khusus untuk varian HEV juga terdapat program khusus Guaranteed Future Value. Melalui program ini, pelanggan yang melakukan pembelian di dealer JABODETABEK yang bekerja sama dengan Toyota TRUST bisa mendapatkan jaminan harga jual kembali mulai dari tahun ke-1 hingga tahun ke-5. 

Klik tautan ini untuk informasi selengkapnya tentang Toyota All New Corolla Cross.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com