Advertorial

Pertamina Dorong Karyawannya Jadi Role Model dalam Penerapan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 12/08/2020, 23:05 WIB

KOMPAS.com – Upaya memulihkan Indonesia dari pandemi Covid-19 bukan hanya jadi tanggung jawab pemerintah, melainkan seluruh masyarakat. Kesadaran kolektif dari seluruh masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan juga diperlukan.

Menyadari hal tersebut, Pertamina mendorong aksi gotong royong melawan pandemi Covid-19 di lingkup usahanya.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut memotivasi seluruh karyawannya untuk menjadi role model dalam penerapan protokol kesehatan.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, aksi tersebut diinisiasi oleh jajaran direksi Pertamina Grup dan telah disosialisasikan kepada lebih dari 33.000 karyawannya.

“Pertamina tidak hanya menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dalam operasional perusahaan saja. Para pekerjanya juga ditugaskan untuk tetap melaksanakan protokol-protokol tersebut dalam kegiatan sehari-harinya, meski hanya di rumah saja,” ujar Fajriyah Rabu (12/8/2020), dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika karyawan menjaga kedisiplinan mencegah penularan Covid-19 dari diri sendiri dan di rumah masing-masing, risiko penularan di tempat kerja pun akan lebih minim.

Adapun protokol-protokol kesehatan yang harus diikuti oleh seluruh entitas Pertamina adalah mengenakan masker dengan benar, rajin mencuci tangan, melakukan etika batuk dan bersin, meminimalisasi bepergian ke luar rumah, menjaga jarak saat di luar rumah, serta menerapkan pola hidup sehat.

Pengawasan terhadap penerapan protokol-protokol tersebut dilakukan secara ketat oleh atasan dari masing-masing pekerja.

Pertamina juga menyediakan Hotline Pusat Layanan Medis untuk pekerja dan keluarganya serta menerapkan geo tagging yang dimonitor setiap hari pada seluruh pekerjanya.

“Bisa dikatakan, ini adalah upaya berlapis sehingga yang terjaga kesehatannya bukan pekerja saja, melainkan juga rekan kerja di kantor dan keluarga di rumah,” kata Fajriyah.

Pertamina juga berharap dengan menerapkan kedisiplinan di mulai dari diri sendiri, seluruh karyawannya dapat menjadi penggerak yang memotivasi masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com