Advertorial

Universitas Parahyangan Melakukan Inovasi dalam Perekrutan Mahasiswa Baru

Kompas.com - 13/08/2020, 11:40 WIB

KOMPAS.com - Dunia pendidikan dihadapkan dengan tantangan baru di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) selama pandemi Covid-19 mash ada. Perguruan tinggi, misalnya, butuh menyesuaikan diri dengan situasi new normal agar proses belajar-mengajar tetap berjalan. 

Bentuk adaptasi tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Selain proses belajar-mengajar, teknologi informasi dapat membantu proses penerimaan mahasiswa baru (PMB), mulai dari pendaftaran hingga proses seleksi penerimaan. 

Pemanfaatan teknologi dalam penerimaan mahasiswa baru pun turut membuka kesempatan lebih besar bagi para calon peserta didik, khususnya bagi mereka yang berdomisili jauh dari lokasi universitas pilihan. 

Melihat potensi ini, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung, memaksimalkan teknologi informasi di penyelenggaraan seleksi PMB tahun akademik 2020/2021 dengan Ujian Saringan Masuk Berbasis Komputer (USM-BK). 

Kampus dengan akreditasi A di Badan Nasional Akreditasi Perguruan Tinggi ini sebenarnya sudah menerapkan USM-BK sebanyak dua kali. Dengan USM-BK, Unpar berkomitmen untuk mempersiapkan para calon peserta didik baru mereka sebaik mungkin dalam memasuki babak baru pengembangan diri. 

Selain dengan metode USM-BK, Unpar juga menambahkan opsi baru bagi calon mahasiswa yang ingin bergabung pada tahun akademik 2020/2021. Calon mahasiswa dapat memilih hingga 3 pilihan program studi dari 16 program sarjana, atau memilih program diploma III Unpar. 

Pendaftaran Ujian Saringan Masuk (USM) gelombang 4 akan dibuka hingga 24 Agustus 2020. Pelaksanaan USM 4 akan dilaksanakan menggunakan metode USM-BK. 

Tes ini akan memudahkan para peserta untuk mengikuti USM karena dapat dikerjakan secara daring dari rumah peserta ujian. 

Selain itu, bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke strata 2 (S-2), Universitas Parahyangan juga membuka penerimaan bagi calon mahasiswa pascasarjana. 

Gelombang kedua Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Unpar dibuka melalui dua jalur, yaitu jalur akreditasi (berbasis akreditasi program studi asal) dan jalur khusus tanpa tes bagi lulusan Unpar, yang dibuka hingga 31 Agustus 2020. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMB Unpar Tahun Akademik 2020/2021, Anda dapat mengakses melalui pmb.unpar.ac.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com