Advertorial

Ingin Beli Kopi Satu Liter? Yuk Kenali Dulu Varian Menu Kopinya

Kompas.com - 14/08/2020, 08:42 WIB

KOMPAS.com – Ke mana pun pergi, sajian kopi sangat mudah ditemukan. Jika dahulu kopi identik sebagai minuman orang tua, kini kopi telah menjadi gaya hidup para milenial.

Kopi tak lagi berwarna hitam, kental, dan pahit. Varian dan rasa minuman ini sudah beragam.

Saat ini, menikmati kopi juga tidak harus ke kafe. Penjual kopi mulai menyajikan kopi racikan mereka dalam bentuk botol dan dijual secara online. Bahkan, ada pula yang mengemasnya dalam botol berukuran satu liter.

Tren kopi dalam kemasan botol berkembang pesat saat pandemi Covid-19 menghampiri Indonesia. Hal ini lantaran sebagian besar orang tak bisa beraktivitas di luar rumah. Alhasil, kopi kemasan botol jadi solusi terbaik, baik bagi pecinta kopi maupun pelaku usaha.

Kopi botolan ternyata cukup sukses selama pandemi karena memudahkan para penikmatnya menyeruput kopi kekinian favorit sembari bekerja dari rumah.

Apalagi kopi dalam botol satu liter dapat bertahan selama 3 hingga 5 hari di dalam lemari es sehingga kamu tak perlu membeli setiap hari. Pemesanannya pun sangat mudah melalui berbagai toko online yang tersedia di berbagai marketplace, seperti Tokopedia.

Sama seperti menu kopi di kedai kopi dan kafe, kopi botolan juga menyajikan varian rasa dan menu yang berbeda sesuai selera penikmatnya.

Nah, bagi yang ingin mencoba beli kopi botolan secara online, yuk kenali dulu ragam menu kopi kekinian yang banyak disukai masyarakat Indonesia seperti dilansir dari Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

  1. Es kopi susu

Tren kopi terus berubah, tapi kopi susu tetap menjadi menu kopi favorit masyarakat. Terlebih beberapa tahun belakangan ini, es kopi susu semakin naik daun dan menjadi menu andalan kedai kopi di Indonesia.

Es kopi susu merupakan campuran dari kopi dan susu cair, lalu dicampur dengan gula aren atau sirup gula sebagai pemanis.

Rasa manis dan wangi dari gula aren itulah yang membuat es kopi susu banyak disukai berbagai kalangan, termasuk anak muda yang baru mencoba minum kopi.

Pada masa pandemi ini, es kopi susu tetap bisa kamu nikmati karena banyak usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menawarkan menu kopi ini secara online dalam kemasan botol satu liter.

  1. Cappuccino

Menu kopi asal Italia ini juga telah lama disukai orang Indonesia dan banyak disajikan pelaku bisnis kopi UMKM.

Pada dasarnya, campuran bahan membuat cappuccino mirip dengan es kopi susu, yakni kopi espresso, susu panas, dan busa susu.

Perbedaannya ada pada peracikan kopi yang menggunakan mesin espresso dan penambahan busa susu di bagian atas kopi.

Cappuccino bercita rasa agak pahit karena kadar kopinya lebih banyak dibandingkan susu. Namun, masih terasa ringan dan bisa ditambahkan gula secara terpisah sesuai selera kamu. Karena itulah, varian kopi ini cukup banyak disukai masyarakat Indonesia.

Saat ini, umumnya cappuccino disajikan dalam keadaan panas dan dingin.

  1. Latte

Latte memiliki rasa yang jauh lebih ringan dibandingkan cappuccino. Rasa latte pun tak terlalu pahit, meski tak ditambahkan gula. Hal ini karena campuran susu pada varian menu ini lebih banyak daripada campuran espresso.

Rasa kopinya yang ringan membuat latte juga banyak disajikan dengan ragam campuran sirup berbagai rasa, seperti karamel, pandan, vanila, stroberi, bahkan durian. Latte dengan campuran sirup ini akan lebih nikmat jika disajikan secara dingin.

Sangat pas buat kamu yang suka menikmati kopi botolan dalam keadaan dingin dari lemari es.

  1. Mochachino

Apabila kopi lain hanya mencampurkan kopi espresso dan susu, menu kopi yang satu ini sedikit berbeda karena menambahkan cokelat di dalamnya. Karena ada campuran cokelat, varian minuman ini cenderung manis dengan sedikit pahit dari rasa kopi.

Meski begitu, rasa kopinya tidak terlalu kuat, sehingga sangat pas buat para pecinta cokelat yang tak ingin ketinggalan tren ngopi kekinian.

Meski biasanya disajikan panas, mochachino mulai banyak disajikan dingin di dalam botol satu liter.

  1. Manual brew

Kopi manual brew disajikan dengan cara diseduh. Ada beberapa cara penyeduhan menu kopi ini, yakni teknik pour over, V60, chemex, Vietnam drip, dan plunger.

Masing-masing teknik tersebut akan menghasilkan kekentalan dan rasa kopi yang berbeda, mulai dari kuat, sedang, hingga ringan.

Manual brew sangat pas buat kamu yang menyukai cita rasa kopi asli tanpa terganggu dengan rasa dari campuran lain.

Nah, sekarang setidaknya kamu sudah punya gambaran menu kopi susu satu liter apa yang ingin kamu beli secara online.

Tak perlu bingung belinya di mana karena menyambut HUT ke-75 Republik Indonesia, Tokopedia menggelar Bangga Buatan Indonesia yang menyediakan ragam produk kopi botolan dari berbagai UMKM.

Yuk langsung klik menu kopi favoritmu melalui aplikasi Tokopedia, mumpung lagi ada promo bagi kamu yang Belanja Online Produk Lokal. Tak hanya kopi lho, ada banyak produk lokal lain yang membuat kamu semakin Bangga Buatan Indonesia.

Cek #BanggaBuatanIndonesia di Tokopedia! Beli produk lokal dan raih Bebas Ongkir Tokopedia! Yuk, sebarkan semangat Indonesia!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com