Advertorial

Sensasi Menyesap Nusantara yang Tak Kalah dari Kopi Impor

Kompas.com - 15/08/2020, 12:38 WIB

KOMPAS.com - Kopi menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia. Tua muda di sini, doyan minum kopi.

Meski memiliki rasa asli yang pahit, tiap biji kopi yang berasal dari daerah berbeda memiliki cita rasa yang lain. Untuk mengetahuinya, sesekali kamu harus mencoba, menyesap, dan menikmati kopi nusantara.

Rasa pada biji kopi dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari tanah, iklim, ketinggian tempat penanaman, hingga cara pengolahannya. Faktor-faktor inilah yang memengaruhi hint rasa selain pahit.

Bagi pecinta kopi, Indonesia adalah surganya kopi. Tanah air memiliki banyak daerah penghasil kopi nikmat. Dijamin, rasanya tak kalah dengan kopi dari luar negeri.

Selain kopi Gayo yang berasal dari Aceh dan kopi Toraja, masih ada daerah lain penghasil kopi yang tak kalah nikmatnya. Meski tidak setenar kedua kopi tersebut, kamu wajib mencoba keempat kopi berikut.

Kopi Sidikalang
Kopi yang berasal dari Sumatera Utara ini menjadi salah satu kopi terbaik di Indonesia. Kopi Sidikalang memiliki tekstur yang halus dan bercita rasa kompleks.

Untuk cita rasa, kopi robusta yang satu ini lebih mirip cokelat dan sedikit manis, sedangkan untuk aromanya tidak terlalu tajam.

Meski demikian, tingkat keasaman kopi ini rendah. Jadi, cocok untuk kamu yang memiliki masalah lambung, tetapi ingin minum kopi setiap hari.

Kopi Java Ciwidey
Jawa Barat juga memiliki kopi andalan dengan rasa yang kaya. Kopi yang berasal dari Ciwidey, wilayah Bandung ini ditanam pada ketinggian 1.500-1.600 meter di atas permukaan laut.

Biji kopi Java Ciwidey memiliki aroma yang khas. Kamu bisa mencium aroma smoky yang berasal dari kacang-kacangan, wangi bunga, buah, dan sedikit herbal.

Untuk rasanya, jangan ditanya lagi. Sensasi rasa karamel mentega serta manis cokelat akan kamu temui saat menyeruput kopi ini.

Kopi Lemar Malang
Kopi yang diberi nama sesuai dengan asalnya, yaitu Lembah Arjuna (Lemar) di Gunung Arjuna -Malang, Jawa Timur ini menjadi kopi berikutnya yang patut dicoba.

Aroma kopi ini mungkin tak akan ditemui pada jenis kopi yang lain. Kopi Lemar Malang punya aroma mawar yang memberikan rasa segar.

Tak hanya itu, keunikan dari kopi ini terdapat pada rasanya. Rasa asam dan rasa buah-buahan, seperti asam jawa dan mangga, akan kamu dapati ketika menyeruput kopi varietas langka ini.

Bukan hanya berhasil memikat lidah orang Indonesia, kopi Lemar Malang bahkan sudah sering diekspor Korea Selatan dan Taiwan. Wah, tentu kamu ikut Bangga Buatan Indonesia berhasil menembus pasar Asia.

Kopi Papua Wamena
Kopi ini menjadi salah satu kopi organik yang dibanggakan warga Papua. Tanah yang subur di Lembah Baliem Pegunungan Jayawijaya Wamena membuat kopi ini tumbuh tanpa menggunakan pupuk kimia.

Tak hanya itu, proses pengolahan kopi Papua Wamena juga unik. Para petani menggunakan teknik pengupasan basah atau biasa disebut semi washed. Setelah itu, biji kopi difermentasi terlebih dahulu dan dikeringkan hingga kandungan airnya menjadi 12 persen saja.

Dengan proses tersebut, pecinta kopi akan mendapatkan cita rasa yang khas dari kopi arabika ini. Aroma kopi yang harum halus ini memiliki after taste yang manis. Selain itu, kadar asamnya juga rendah sehingga dapat dikonsumsi oleh semua orang.

Dari keempat kopi di atas, adakah yang pernah kamu cicipi? Jika belum, sekarang saatnya mencoba.

Kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke daerah asal kopi tersebut kok. Cukup membelinya melalui Tokopedia.

Dalam program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia menawarkan berbagai jenis kopi yang berasal dari seluruh Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Promo Hari Kemerdekaan untuk mendapatkan produk lokal lainnya dengan harga yang spesial.

Nah, tunggu apalagi, cek #BanggaBuatanIndonesia di Tokopedia! Beli produk lokal dan raih Bebas Ongkir Tokopedia! Yuk, sebarkan semangat Indonesia!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com