Advertorial

Biar Enggak Bingung, Simak Daftar Perabotan Dapur yang Mesti Dipersiapkan Pengantin Baru

Kompas.com - 20/08/2020, 23:13 WIB

KOMPAS.com – Pemenuhan kebutuhan perabot rumah tangga kerap jadi kendala tersendiri bagi pengantin baru yang memutuskan hidup secara mandiri.

Kendalanya bukan hanya soal biaya, melainkan juga kebingungan dalam menentukan barang-barang yang mesti dibeli. Sebab, jumlah perabotan rumah tangga yang dibutuhkan tentunya tak hanya satu atau dua. Terlebih, bila menyangkut urusan dapur.

Nah, berikut ini adalah beberapa perabotan dapur yang mesti dipersiapkan oleh pengantin baru.

Peralatan masak

Kompor, panci, wajan, spatula, pisau, dan talenan merupakan contoh dari peralatan masak dasar yang perlu ada di dapur.

Untuk panci dan wajan, usahakan cari yang berbahan antikarat dan antilengket. Jika memungkinkan, sediakan kedua alat masak itu dalam beragam ukuran, misalnya besar dan kecil.

Sama seperti kedua benda di atas, upayakan juga untuk memiliki talenan lebih dari satu guna menghindari kontaminasi bakteri dari satu bahan makanan ke bahan makanan lain saat memasak.

Pisahkan talenan untuk bahan makanan basah, seperti daging dan ikan, dengan talenan untuk memotong buah dan sayuran.

Wadah masakan

Makanan hasil olahanmu perlu dihidangkan di dalam sebuah wadah. Karena itu, wadah masakan, seperti baskom, mangkuk, dan piring harus masuk daftar peralatan dapur yang mesti dibeli.

Selain untuk wadah, alat-alat tersebut bisa digunakan sebagai alat makan dengan menambahkan sendok dan garpu, serta gelas.

Penyimpanan bumbu

Cita rasa sebuah makanan ditentukan dari bumbu-bumbu yang digunakan. Untuk memperoleh masakan seperti itu, tentunya bumbu-bumbu dapur pun mesti berkualitas.

Kualitas bumbu bisa terjaga apabila kamu menyimpannya dengan baik. Oleh karenanya, pertimbangkan juga untuk membeli wadah penyimpanan bumbu, seperti rak dan stoples.

Selain menjaga kualitas bumbu dapur, kehadiran alat tersebut juga menjadikan dapur tampak lebih rapid an estetik.

Perabotan elektronik dapur

Untuk mempermudah urusan memasak, beberapa perabotan elektronik dasar pun mesti dipersiapkan. Contohnya, rice cooker untuk menanak nasi dan blender guna menghaluskan bumbu-bumbu masakan. Pertimbangkan juga oven dan mixer apabila kamu punya hobi membuat roti atau kue.

Nah, itulah daftar perabotan dasar yang perlu dipersiapkan untuk melengkapi dapur sekaligus menunjang kegiatan masak-memasak kamu di rumah.

Membeli perabotan rumah tangga, seperti peralatan dapur, tak melulu harus bermerek internasional. Pasalnya, kualitas perabotan rumah tangga produksi dalam negeri tak kalah dengan perabotan merek luar negeri. Nilai plusnya, harga produk lokal terbilang lebih terjangkau.

Kamu bisa menemukan semua itu di Tokopedia dalam program Bangga Buatan Indonesia. Apalagi, saat ini marketplace tersebut tengah menggelar Promo Hari Kemerdekaan dengan keuntungan berupa gratis ongkos kirim.

Nah, dengan memanfaatkan program tersebut, selain bisa berbelanja hemat, kamu pun berpartisipasi dalam mendukung karya anak bangsa.

Jadi, tunggu apalagi, yuk lengkapi kebutuhan perabotan dapur dengan belanja di program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com