Advertorial

Selain Rendang, Ini Deretan Masakan Nusantara yang Populer di Luar Negeri

Kompas.com - 21/08/2020, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Indonesia lahir dan tumbuh dalam keberagaman budaya. Setiap daerah memiliki kebudayaan khas yang menjadi pesona tersendiri. Salah satu produk kebudayaan yang turut mewarnai pesona itu adalah deretan kuliner khas setiap daerahnya.

Keunikan cita rasa kuliner Indonesia membuat banyak orang yang rela terbang ribuan kilometer hanya demi menikmati sajian khas di daerah tertentu. Belum lama ini, chef kenamaan asal Inggris, Gordon Ramsay, rela menyambangi desa di Sumatera Barat demi mempelajari pembuatan rendang yang otentik.

Hal tersebut membuktikan bahwa kuliner Indonesia tidak hanya populer di tengah ratusan juta masyarakatnya, tetapi juga di mata dunia.

Nah, selain rendang, apa saja sih kuliner khas Indonesia yang populer di luar negeri? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Nasi goreng

Nasi goreng dapat ditemukan di mana pun kamu berada. Mulai dari gerobak pinggir jalan sampai restoran bintang lima. Meski berbagai negara di kawasan Asia memiliki sajian ini, tetapi nasi goreng versi Indonesia menjadi salah satu yang dipuji masyarakat dunia atas kelezatannya.

Pemuja kuliner nasi goreng Indonesia juga bukan tokoh sembarangan. Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama sempat menyatakan kecintaannya terhadap kuliner khas Indonesia tersebut saat berkunjung pada 2010 silam.

Bahkan, di sela-sela kunjungan tersebut Obama menyempatkan diri untuk mencicipi nasi goreng buatan seorang pedagang kaki lima di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

2. Soto

Soto adalah salah satu kuliner yang bisa ditemukan di berbagai daerah Indonesia. Sebut saja soto madura, soto lamongan, soto betawi, soto bandung, dan lain sebagainya.

Uniknya, soto dari setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Misal saja, soto bandung yang disajikan dengan kuah bening dan sayur lobak sebagai pembeda. Kemudian ada soto betawi yang pembuatan kuahnya menggunakan susu dan minyak samin.

Beragam jenis soto yang ada di berbagai daerah menunjukkan sajian ini adalah salah satu favorit masyarakat Indonesia.

Selain menjadi favorit di dalam negeri, soto juga digemari masyarakat Jepang. Saking digemari, sajian ini tidak pernah absen di festival kuliner tahunan yang diselenggarakan Persatuan Pelajar Indonesia Jepang (PPIJ) di Prefektur Ibaraki, Jepang.

3. Sate

Seperti soto, sate juga merupakan kuliner yang mudah ditemukan di berbagai daerah Indonesia. Setiap daerah pun memiliki jenis sate yang berbeda. Uniknya, kedua sajian ini kerap dijual berbarengan di satu restoran atau kedai yang sama.

Pada dasarnya, sate merupakan potongan daging yang ditusuk, kemudian diberi bumbu. Umumnya, sate dimasak dengan metode pembakaran di atas arang.

Kepopuleran sate di luar negeri tidak kalah dengan nasi goreng dan soto. Bahkan, sate ayam ala Indonesia jadi menu andalan dan dan digemari banyak orang di restoran Satay Junction yang ada di New York, Amerika Serikat.

Itulah deretan kuliner khas Indonesia yang populer di luar negeri. Kabar baiknya, kamu tidak perlu makan di luar karena sajian-sajian tersebut bisa dibuat dengan mudah di rumah. Sebab, saat ini banyak bumbu dan saus siap saji yang memudahkan kamu untuk memasak nasi goreng, soto, dan sate di rumah.

Nah, kamu bisa menemukan berbagai bumbu dan saus siap saji untuk memasak di Tokopedia. Saat ini Tokopedia sedang mengadakan Promo Hari Kemerdekaan dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2020.

Selain itu, Tokopedia juga menghadirkan produk-produk buatan lokal dalam program Bangga Buatan Indonesia. Dengan promo itu, kamu bisa mendukung hasil karya anak bangsa sekaligus menikmati gratis ongkos kirim (ongkir).

Yuk, rayakan kemerdekaan dengan mendukung produk-produk buatan lokal dan nikmati gratis ongkir di program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com