Advertorial

Mumpung WFH, Yuk Biasakan Jaga Asupan Nutrisi dengan Produk Organik

Kompas.com - 27/08/2020, 11:24 WIB

KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, menjaga pola hidup sehat diperlukan agar sistem imunitas dapat bekerja maksimal.

Salah satu caranya dengan menjaga asupan nutrisi dalam tubuh. Melansir laman resmi Badan Pangan dan Pertanian (FAO), pola makan dengan gizi seimbang dapat membantu tubuh mengatasi infeksi virus maupun bakteri.

Nah, pola hidup sehat ini dapat dimulai saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Saat menjalani WFH, pola konsumsi bisa diatur sesuai keinginan. Mulai dari menu hingga bahan makanan lebih mudah dikontrol agar keseimbangan nutrisi terjaga.

Menjaga asupan gizi bisa dimulai dari bahan makanan yang bakal diolah. Kamu bisa memilih bahan makanan organik untuk mendapatkan nutrisi lebih maksimal.

Seperti diberitakan Kompas.com (23/8/2019), produk bahan makanan organik punya keunggulan dibandingkan produk non-organik. Produk ini lebih segar, bebas pestisida, serta bebas genetically modified food (GMO).

Produk organik juga lebih banyak mengandung nutrisi dan antioksidan ketimbang produk non-organik. Contohnya, bawang bombay organik, menurut penelitian yang dimuat di jurnal Journal of Agricultural and Food Chemistry, memiliki kandungan antioksidan 20 persen lebih banyak dari versi non-organik

Begitu pula dengan susu dan daging. Produk organik di kedua bahan makanan tersebut mengandung omega-3 lebih banyak ketimbang produk non-organiknya. Selisihnya mencapai 50 persen.

Saat ini, produk makanan organik mudah dijumpai di pasaran. Bahkan, produk tersebut tidak lagi dikuasai merek impor yang cenderung mahal. Produk organik dalam negeri makin banyak dan beragam. Kualitasnya pun tak kalah dengan produk impor, meski dengan harga lebih murah.

Berikut Kompas.com rangkumkan produk organik lokal yang dapat digunakan untuk memulai gaya hidup sehat selama di rumah.

Garamonik

Garamonik adalah garam organik asli produk dari Indonesia. Garam ini diproduksi oleh gerakan ekonomi masyarakat dalam naungan Lembaga Kesejahteraan Masjid Rahmatan Lil Alamin Al Zaytun Indoensia dan dipasarkan oleh Koperasi Desa Kota Indonesia.

Garam ini diambil dari Pantai Losarang dan diproses tanpa menggunakan pemutih maupun bahan kimia. Dengan begitu, keorganikan garam ini terjamin.

Garamonik cocok digunakan sebagai bumbu masakan olahan di rumah agar keseimbangan gizi terjaga.

Coco Milagro

Merek lokal satu ini menawarkan extra virgin coconut oil atau minyak kelapa organik. Minyak tersebut diproses secara alami menggunakan teknologi terbaru bernama cold processed. Hasilnya, minyak kelapa lebih aman dan sehat dikonsumsi.

Minyak kelapa organik mempunyai banyak manfaat antara lain sumber antioksidan lemak sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mampu mencegah tubuh dari serangan stroke. 

Sekadar informasi, untuk bahan baku, Coco Milagro mendapatkan pasokan dari petani lokal. Keberadaan minyak kelapa organik ini pun turut menggerakkan perekonomian petani.

MamaKamu

MamaKamu merupakan merek makanan yang fokus pada komoditas kacang kedelai organik. Terdapat dua pilihan produk kacang kedelai, yaitu kacang kedelai putih dan hitam, yang bisa dijadikan bahan masakan sehat untuk dessert di rumah.

Javara

Javara memiliki beragam jenis produk organik, mulai dari beras, garam, rempah-rempah, minyak kelapa, kopi, teh, tepung, berbagai makanan ringan, hingga pasta. 

Dalam memproduksi makanan tersebut, Javara bekerja sama dengan para petani dan produsen makanan mikro di seluruh Indonesia. Kerja sama ini turut mengaktifkan perekonomian di sektor pertanian.

Selain dihasilkan dari petani lokal, Javara juga menamakan produk-produknya dengan nama khas Indonesia. Contohnya, produk beras diberi nama Andel Abang, Cempo Merah, Wangi Menyan, Jenggot Netep, dan Menthik Susu.

Keunikan tersebut menjadi nilai jual produk Javara. Merek yang didirikan Helianti Hilman ini selain punya kualitas juga mengangkat kearifan lokal. Tak heran, produk Javara bisa go international.

Nah, semua makanan organik di atas dapat kamu gunakan untuk memulai kebiasaan mengonsumsi makanan sehat. Semua merek tersebut merupakan produk asli Indonesia.

Produk-produk organik tersebut mudah didapatkan karena sudah tersedia di e-commerce, seperti Tokopedia. Saat ini, kamu pun bisa menikmati produk organik dengan harga lebih murah karena Tokopedia sedang mengadakan program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia.

Di program tersebut, kamu dapat menikmati Promo Bangga Buatan Indonesia dan gratis ongkos kirim setiap pembelian produk-produk Indonesia melalui Tokopedia. Nah, tunggu apalagi, ayo langsung kunjungi website-nya agar Anda tetap bisa sehat dengan memakan produk organik namun tidak menguras kantong!

Ayo dukung produk lokal dimulai dengan Bangga Buatan Indonesia untuk bantu menggerakkan roda ekonomi nasional dengan belanja online produk organik lokal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com