Advertorial

Asli Buatan Indonesia, 4 Brand Tas Ini Punya Desain Unik

Kompas.com - 28/08/2020, 11:59 WIB

KOMPAS.com – Tas merupakan salah satu aksesori yang memiliki beragam fungsi. Tidak hanya untuk menyimpan dan membawa barang, tapi juga bisa menopang gaya busana atau fashion agar lebih modis.

Saat ini, banyak bermunculan brand-brand tas lokal yang menawarkan fungsi, kualitas, dan desain yang bersaing dengan produk-produk luar negeri. Pilihan model tasnya pun beragam, mulai dari tas tangan, tote bag, ransel, hingga sling bag yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Bahkan, ada beberapa brand tas lokal yang berani mengusung konsep desain yang unik dan inovatif. Contohnya, menggunakan material berbahan lateks, mika, atau PVC.

Berikut beberapa brand tas lokal dengan desain unik dan patut menjadi salah satu koleksi kamu.

  1. Byo

Byo merupakan brand yang fokus pada produk fashion eksperimental siap pakai. Sang pendiri, Tommy Ambiyo Tedji, ingin menawarkan sesuatu yang baru ke dunia aksesori. Ia menggunakan pendekatan inovatif dengan menggabungkan konsep sci-fi futuristik dengan teknik kerajinan tradisional dalam setiap produknya.

Konsep tersebut tercermin dari pemilihan material tas, bentuk, dan konsepnya yang tidak biasa. Adapun material yang digunakan adalah jenis PVC dan lateks. Sementara itu, untuk membuatnya menjadi tas, mereka memakai teknik laser cut, permainan garis horizontal, dan aksen tiga dimensi.

Koleksi terbaru produk tas Byo bertajuk “Hauer”. Koleksi ini terinspirasi dari bentuk sel saraf dan gagasan tentang mikroorganisme yang saling berhubungan. Selain itu, tas-tas seri “Hauer” dibuat dengan metode konstruksi modular yang terinspirasi dari teknik pembangunan gedung Sydney Opera House di Australia.

  1. Niion

Brand lokal asal Kota Bandung, Jawa Barat ini punya koleksi tas dengan desain unik dan berwarna-warni. Mengusung tema “youth and fun”, Niion merancang tas-tas yang dapat mewakili kepribadian pemakaiannya.

Saat pertama kali diluncurkan pada 2013, Niion banyak memproduksi tas-tas dengan konsep one toes bag yang dapat dilipat, ringan, dan serbaguna. Selanjutnya, desain tas Niion terus berkembang dan memiliki tiga kategori besar, yakni Niion Basic, Niion Urban, dan Niion Sterling.

Selain produk-produk yang didesain sendiri, Niion juga rajin berkolaborasi dengan desainer, artis, komunitas, hingga berbagai brand lokal. Terbaru, Niion berkolaborasi dengan komunitas Urban Sneaker Society dan desainer Karwaku untuk menciptakan seri tas dan masker bertema semangat hidup sehat.

  1. Tam Illi

Bagi penggemar tas yang terbuat dari material unik, tas dari Tam Illi harus jadi salah satu koleksi. Soalnya, produk Tam Illi terbuat dari rangkaian manik-manik dan tali yang dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi tas unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Pendiri dan desainer Tam Illi, Natasha Jasmin Aprilia, ingin membuat produk-produk fashion yang mendeskripsikan kepribadian wanita. Sebab, dia percaya semua wanita unik dengan caranya sendiri.

Tak hanya tas, Tam Illi juga memiliki beragam koleksi kalung dan strap tas yang juga terbuat dari manik-manik atau material sintetis lainnya.

  1. Irv

Buat generasi milenial penggemar fashion bernuansa playful, color block, dan pop culture, Oh.Irv jadi salah satu brand tas yang patut dilirik.

Brand lokal asal Bandung ini awalnya hanya membuka jasa komisi ilustrasi dan stiker. Namun, pada 2019 mereka mulai merilis beberapa koleksi tas. Salah satunya adalah seri tas transparan atau clear bag berbahan mika tebal dengan aksen warna-warna neon dan ilustrasi khas bertema pop culture.

Seiring dengan perkembangannya, Oh.Irv juga merilis berbagai produk fashion lain, seperti aksesori, baju, serta jaket. Tentunya dengan ilustrasi dan warna-warna khas Oh.Irv yang berani dan mencolok.

Itu dia deretan brand tas lokal Indonesia yang memiliki desain unik, bahkan futuristik dengan kualitas yang tidak kalah dari produk-produk luar negeri. Keempat brand tas di atas bisa kamu temukan di program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia.

Program tersebut merupakan wujud dukungan Tokopedia atas gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia demi membantu para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

Menariknya, kamu bisa menikmati gratis ongkos kirim (ongkir) sepuasnya ke seluruh Indonesia untuk setiap pembelian produk-produk buatan UMKM di Promo Bangga Buatan Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera belanja produk tas lokal di Tokopedia dan sebarkan semangat Bangga Buatan Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com