Advertorial

Asyik Gaji Sudah Cair, Saatnya Berburu Camilan Khas Nusantara Ini

Kompas.com - 28/08/2020, 12:12 WIB

KOMPAS.com – Bagi sebagian besar orang, akhir bulan menjadi momen indah yang dinanti-nanti. Sebab, kebanyakan pekerja dan karyawan sudah menerima gaji bulanan.

Momen gajian ini pun kerap mereka gunakan untuk memberikan reward atau hadiah kepada diri sendiri. Alasannya, untuk mengapresiasi diri sendiri.

Bentuk yang diberikan pun beragam, mulai dari barang, perawatan, hingga yang paling sederhana seperti camilan.

Untuk makanan camilan, misalnya, memang saat ini banyak tersedia penjual camilan khas Nusantara di mana saja. Namun, khusus camilan sehat khas Nusantara, belum terlalu banyak ditemukan.

Bahan-bahan yang berkualitas dan cara mengolah yang baik pun jadi kunci agar camilan menyehatkan. Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi camilan yang bisa Anda coba. Check it out!

  1. Batagor kuah

Batagor merupakan salah satu camilan terkenal khas Indonesia yang banyak digemari masyarakat. Batagor dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri dan tepung tapioka.

Biasanya, camilan ini dihidangkan dengan saus kacang. Namun, kalau mau sajian yang berbeda cobalah batagor kuah.

Varian batagor ini dijual oleh salah satu UMKM di Tokopedia, Kylafood. Adapun komposisi produknya terdiri dari batagor kering, tahu kering, siomay kering, bakso sapi, bumbu, minyak bawang, dan sambal.

Batagor kuah yang diproduksi oleh Kylafood diproduksi dengan metode made by order sehingga pesanan akan dibuat serta dikirim di hari yang sama. Dengan demikian, kualitas dan rasanya dapat terjaga dengan baik.

  1. Telur gabus

Telur gabus adalah camilan khas Indonesia yang berbahan dasar adonan telur dan tepung tapioka. Ketika dimakan, teksturnya renyah dan memiliki rasa gurih serta asin. Biasanya, camilan ini banyak ditemukan saat Lebaran.

Tenang, Anda tak perlu menunggu Lebaran tahun depan untuk mengonsumsinya. Di Tokopedia, terdapat camilan telur gabus dengan ragam varian, salah satunya gula aren. Camilan yang diproduksi oleh Kata Oma ini pun dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.

  1. Rengginang

Rekomendasi camilan khas Nusantara terakhir yang tak kalah terkenal di kalangan masyarakat, yakni rengginang. Camilan ini merupakan kerupuk yang terbuat dari beras ketan kering.

Berbeda dengan jenis kerupuk lainnya, bahan dasar rengginang tidak dihancurkan sehingga tekstur beras masih tampak dan terasa renyah saat digigit.

Saat ini, rengginang banyak diproduksi dengan beragam rasa, seperti rasa original, chilli, balado, seaweed, dan bahkan pizza yang diproduksi oleh merek Rak Sebelah.

Sebagai informasi, semua camilan yang telah disebutkan sudah tersedia di Tokopedia sehingga mudah didapatkan. Dengan membeli camilan lokal dari UMKM, berarti Anda juga sudah mendukung mereka dan turut bangga buatan Indonesia.

Selain itu, Promo Hari Kemerdekaan di Tokopedia juga masih berlaku sampai saat ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya. Selamat berburu camilan!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com