Advertorial

Dorong Inovasi UMKM Berkelanjutan, Pertamina Raih Anugerah Gatra 2020

Kompas.com - 28/08/2020, 19:52 WIB

KOMPAS.com – Pertamina berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang Anugerah Gatra 2020. Salah satu faktor keberhasilan ini adalah suksesnya Pertamina mengimplementasikan delapan tujuan sustainable development goals (SDGs).

Beberapa hasil dari implementasi tersebut di antaranya adalah pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta menghasilkan tenaga kerja produktif yang diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebagai informasi, ajang anugerah penghargaan ini diselenggarakan oleh Gatra Media Group dengan tema lkonis Nusantara: Inovasi Unggul Merah Putih.

Pertamina pun berhasil meraih penghargaan pada kategori "lnovasi dalam Membangkitkan UKM melalui Dukungan Berkelanjutan".

Penghargaan diberikan karena Pertamina dinilai telah ikut serta meningkatkan kapasitas dan mendorong kemandirian bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia secara berkelanjutan.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, pemberdayaan UMKM dijalankan melalui Program Kemitraan.

“Pertamina mewujudkan peran ini dalam rangka pengabdian dan kepeduliannya terhadap masyarakat. Program ini telah dilaksanakan sejak 1993 dan telah menyalurkan bantuan kemitraan kepada lebih dari 63.000 mitra binaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” jelasnya dalam rilis resmi, Jumat (28/8/2020).

Jumlah itu, lanjut Nicke, akan terus meningkat seiring dengan upaya Pertamina untuk membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Terlebih, ekonomi Indonesia tampak terpukul akibat dampak pandemi Covid-19.

“Kami berharap hal tersebut dapat membantu sendi-sendi perekonomian nasional menjadi normal kembali,” imbuhnya.

Direktur Utama Gatra Media Group Hendri Firzani pun mengatakan bahwa pihaknya akan menjadi mitra pemerintah dalam membangun negara.

Menurutnya, banyak pihak yang berkolaborasi melalui cara masing-masing di berbagai bidang. Untuk itu, penghargaan ini perlu diberikan untuk mengapresiasi kerja keras pihak yang terlibat.

“Kontribusi positifnya berupa ide, gagasan, serta program-program yang sudah terealisasi selama beberapa waktu terakhir dalam perjuangannya memajukan lndonesia,” ujar Hendri.

Dalam ajang penghargaan itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro turut memberikan sambutan secara virtual.

Sementara itu, piala penghargaan telah diterima oleh Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Selain pemberian penghargaan, acara Anugrah Gatra 2020 juga diramaikan dengan talkshow virtual dari beberapa pembicara, di antaranya Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, dan Ketua Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com