Advertorial

Kawal Pembangunan, Kepala BKPM Tinjau Proyek Pertamina di Balikpapan

Kompas.com - 30/08/2020, 14:20 WIB

KOMPAS.com – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia melakukan peninjauan langsung proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Refinery Unit V Balikpapan dan Lawe-Lawe di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (28/8/2020).

Dalam kunjungan itu, Bahlil didampingi oleh Direktur Utama PT Kilang Pertamina International (KPI) Ignatius Tallulembang, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) Narendra Widjajanto, dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani Maming.

Kepala BKPM menyampaikan apresiasi atas berjalannya proyek RDMP RU V Balikpapan dan Lawe-Lawe di tengah situasi saat ini.

"Salah satu yang membuat defisit neraca perdagangan adalah impor minyak dan gas. Presiden selalu bertanya mengapa kita tidak bisa bangun kilang sendiri? Tantangan ini sudah dijawab Pertamina dengan membangun beberapa kilang, salah satunya di Balikpapan. Ini hanya salah satu dari beberapa proyek besar Pertamina,” ujar Bahlil.

Menurutnya, proyek RDMP RU V Balikpapan dan Lawe-Lawe sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) merupakan bagian dari upaya besar yang dilakukan pemerintah dalam rangka mewujudkan kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan energi nasional.

"Saya kira bangsa ini mampu dihargai oleh negara lain, jika kita semua mampu untuk berkolaborasi dan bekerja sama demi mewujudkan apa yang menjadi target. BKPM berkomitmen memfasilitasi dan mengawal proyek ini hingga tuntas," kata Bahlil.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT KPI Ignatius Tallulembang menyampaikan, Proyek RDMP RU V Balikpapan dan Lawe-Lawe adalah proyek terbesar Pertamina dengan nilai mencapai 6,5 miliar dollar AS.

Berjalannya proyek tersebut akan meningkatkan kapasitas kilang, memperbaiki kualitas produk, dan menurunkan harga pokok produksi bahan bakar minyak (BBM). Ia mengatakan, proyek ini tentu akan mendorong peningkatan devisa dan penerimaan pajak.

“Produk yang dihasilkan nantinya akan memiliki standar Euro V. Artinya sudah sama dengan negara-negara maju. Ke depannya, Indonesia akan menjadi pemain terbesar dan terkuat di kawasan regional, bahkan mengalahkan Petronas Malaysia dan Korea National Oil Corporation (KNOC) Korea Selatan. Kami berfokus menciptakan kemandirian serta ketahanan energi, dan selanjutnya kedaulatan energi,” ujar Ignatius.

Untuk diketahui, pembangunan proyek kilang RDMP RU V Balikpapan dan Lawe-Lawe sudah mencapai 19 persen dan ditargetkan selesai tahun 2023 mendatang.

Direktur Utama PT KPB Narendra Widjajanto mengungkapkan, semua rencana pembangunan tetap berjalan sesuai jadwal. Menurutnya, pembangunan di masa pandemi juga sekaligus mendorong Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk menyerap tenaga kerja.

"Saat ini tenaga kerja yang terserap adalah sekitar 4.500 orang. Tentunya, di tahun mendatang akan menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja," jelas Narendra.

Sebagai informasi, kilang minyak RDMP RU V Balikpapan dan Lawe-Lawe terakhir kali diperbarui tahun 1995 dengan produksi hingga saat ini mencapai 260.000 barel per hari. Target kapasitas produksi saat penyelesaian pembangunan di tahun 2023 mendatang akan menjadi 360.000 barel per hari.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com