Advertorial

Telemedisin dan Layanan Kesehatan di Rumah Jadi Solusi Kebutuhan Medis Saat Pandemi Covid-19

Kompas.com - 30/08/2020, 20:01 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 cukup mempengaruhi sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Pemerintah pun berusaha mendukung peralatan dan sistem industri pelayanan kesehatan untuk melawan Covid-19.

Di sisi lain, kini masyarakat cenderung takut mengunjungi rumah sakit. Padahal, akses ke dokter dan perawat medis tetap dibutuhkan.

Maka dari itu, pemerintah menganjurkan masyarakat beralih ke pelayanan medis di rumah agar terlindung dari risiko infeksi yang lebih tinggi.

Penelitian Departemen Kesehatan Inggris dan Institusi Kesehatan Amerika menunjukkan, biaya telekonsultasi dengan dokter enam kali lebih murah. Bahkan, layanan perawatan di rumah 30 kali lebih murah daripada ke rumah sakit selama sehari.

Menariknya, 80 persen pasien lebih memilih menghindari rawat inap. Padahal, tingkat kepuasan dan kebahagiaan pasien yang menerima perawatan dari rumah ada pada tingkat 19 persen.

Akibatnya, jutaan orang Indonesia bertindak sebagai caregiver bagi orangtua maupun keluarganya yang memiliki penyakit kronis. Dalam satu minggu, rata-rata mereka menghabiskan waktu selama 20 jam bersama pasien.

Untuk mengatasi masalah tersebut, orang-orang berusia lanjut atau pengidap penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan jantung bisa menggunakan aplikasi kesehatan yang memiliki layanan medis jarak jauh (telemedisin) dan home care.

Salah satu aplikasi telekonsultasi dan layanan perawatan di rumah yang bisa menjadi pilihan adalah Aido Health.

Bermitra dengan Rumah Sakit Siloam, Rumah Sakit Bethsaida, Rumah Sakit Annisa Cikarang, dan NK Health, Aido Health berdampak pada berkurangnya rasa khawatir pasien dan rumah sakit, sekaligus memastikan layanan perawatan kesehatan yang berkualitas namun terjangkau.

VP Operations and Partnership Aido Health Jyoti Nagrani mengatakan, Aido Health dapat diunduh pada Google Play dan App Store. Cara penggunaannya pun mudah dimengerti dan familiar karena mirip aplikasi e-commerce.

“Aido Health memudahkan penggunanya melakukan telekonsultasi dengan dokter spesialis terbaik, serta memesan layanan perawatan di rumah seperti rapid test Covid-19, fisioterapi, perawatan luka, hingga vaksinasi,” kata Jyoti.

Tak hanya itu, Aido Health juga memberi akses bagi pengguna ke layanan laboratorium dan pembayaran asuransi kesehatan dari perusahaan terkemuka.

“Pelayanan kesehatan pada era adaptasi kebiasaan baru akan sangat berbeda dengan keadaan sebelum Covid-19. Layanan berkualitas dari Aido Health dapat menjadi jawaban dari tekanan dan kekhawatiran tersebut,” kata Jyoti.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com