Advertorial

Ras Muhamad Luncurkan Album Internasional Bertajuk Satryo Secara Virtual

Kompas.com - 08/09/2020, 20:10 WIB

KOMPAS.com – Rencana Ras Muhammad meluncurkan album teranyarnya di benua biru menuai hambatan karena merebaknya pandemi Covid-19.

Setelah mengalami pembatalan berangkat ke Eropa, Ras meluncurkan album bertajuk Satryo secara virtual pada 7 Agustus 2020 lalu. Album yang dimotori oleh label asal Jerman, Oneness Records, membutuhkan proses penggarapan yang cukup panjang.

“Penggarapan sekitar tiga setengah tahun, sejak pertengahan 2017. Sangat berbeda dengan album-album sebelumnya yang hanya memakan waktu 6-8 bulan saja,” ujar Ras dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Ras juga menceritakan bahwa album Satryo ini merupakan album internasional kedua setelah sebelumnya sempat merilis album Salam pada tahun 2014.

Selain mengisi vokal, Ras juga berkolaborasi dengan Oneness Records sebagai co-producer, co-song writer, dan co-music director.

Dalam album Satryo , Ras masih mempertahankan nuansa reggae, namun tetap menyuguhkan warna baru dengan mengeksplorasi dan bereksperimen dengan berbagai alat musik.

“Tema-tema lagu bersifat lebih intim, personal, dan pribadi berdasarkan pengalaman hidup perjalanan karir saya, sehingga album ini bagaikan otobiografi dalam bentuk audio musik dengan susunan 15 lagu mengalir seperti cerita film,” ujar Ras.

Ras juga mendapatkan referensi dari banyak genre seperti rock, hiphop, funk, R&B, dan symphony orchestra untuk mendapatkan warna melodi yang beragam.

Dalam penggarapan album berdurasi 58 menit ini, Ras juga menggandeng musisi internasional untuk berkolaborasi seperti JahCoustix (Jerman), Kelissa (Jamaica), Promoe (Swedia), Cali P (Guadalupe/Swiss), Tippa Irie (Jamaica/UK) dan sahabat dekatnya yang keturunan Indonesia, To?ke (Berlin/Bali).

Bagi yang inigin mendengarkan, album ini sudah bisa dinikmati di berbagai platform musik digital seperti Spotify, dan Apple Music.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com