Advertorial

Panasonic Tawarkan Teknologi Nanoe™ X, Mampu Menghambat Penyebaran Virus dalam Ruangan

Kompas.com - 09/09/2020, 11:16 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda dunia membuat banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, masyarakat diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak, saat beraktivitas di luar rumah.

Pemerintah juga sudah mengimbau dan memberikan sanksi denda bagi yang tidak menjalankan protokol kesehatan. 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya Covid-19, terlebih Badan Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan pandemi bisa menular melalui aerosol. Dengan demikian, masyarakat dapat meminimalisasi penularan penyakit.

Selama vaksin belum ditemukan, penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah penting dan vital untuk melindungi diri dari paparan virus.

Namun, adakah langkah preventif tambahan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19?

Menjawab pertanyaan tersebut, Panasonic menawarkan teknologi nanoeTM X di produk-produk unggulannya, seperti Room Air Condition (AC), Commercial Air Condition (CAC), Air Purifier, dan lemari pendingin. 

nanoeTM X adalah teknologi untuk menghasilkan ion berbentuk partikel air berukuran nano yang dikembangkan oleh Panasonic. nanoeTM X bekerja dengan cara melepaskan Radikal Hidroksil (OH) di udara. 

(Dok. Panasonic) (Dok. Panasonic)

OH sendiri merupakan komponen reaktif yang dapat ditemukan di lapisan troposfer dan dikenal sebagai deterjen alam karena memiliki kemampuan menghambat polutan dan bau.

Sejak 1997, Panasonic terus melakukan penelitian pada OH. Selama kurun waktu 23 tahun, penelitian yang dilakukan menemukan efektifitas OH menghambat berbagai jenis mikroorganisme patogen sepert bakteri, jamur, dan alergen. Selain itu, juga menonaktifkan virus dengan cara menetralkan hidrogen dan lapisan protein pada virus. 

Penelitian terbaru yang dilakukan Panasonic, berkolaborasi dengan Mayo Yasugi dari Universitas Osaka Jepang pada Juli 2020, menemukan bahwa teknologi nanoeTM X dapat menghambat 99,9 persen virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19.

Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan percobaan dengan memasukan Radikal Hidroksil (OH) dalam kotak tertutup berdiameter 45 liter yang berisi air dan virus. Pada percobaan yang dilakukan dalam laboratorium tertutup tersebut, OH efektif dalam menghambat SARS-CoV-2 dalam 3 jam.

Produk AC Panasonic yang dilengkapi dengan teknologi nanoeTM X, dapat menghasilkan sekitar 4,8 triliun OH per detik. Dengan begitu produk-produk AC Panasonic dapat membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih dan penyebaran virus dapat diminimalisasi.

Selain virus, teknologi nanoeTM X juga bisa menghilangkan polusi udara lain, seperti bakteri, bau, dan juga debu yang bisa menyebabkan penyakit.

(Dok. Panasonic) (Dok. Panasonic)

Teknologi terbaru dari Panasonic ini dapat membantu menciptakan suasana yang aman di tengah-tengah situasi pandemi. Selain itu, teknologi tersebut juga bisa membantu restoran, kantor, gym, sekolah, dan lainnya agar tetap bisa beroperasi dengan aman dan nyaman.

Selanjutnya, Panasonic akan terus mengembangkan potensi dari teknologi OH yang terkandung dalam air. Tujuannya, untuk menciptakan ruangan dan lingkungan yang sehat sekaligus membantu masyarakat untuk melawan pandemi dan risiko yang terkait dengan polusi udara seperti mikroorganisme patogen.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com