Advertorial

Pertamina SMEXPO 2020 Berikan Kesempatan UMKM untuk Merambah Pasar Internasional

Kompas.com - 11/09/2020, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Pertamina SMEXPO 2020 menjadi jembatan emas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa memasarkan produknya ke pasar dalam negeri maupun mancanegara. Contohnya, seperti yang dialami Nio El, pelaku UMKM asal Sidoarjo, Jawa Timur yang memasarkan kerajinan aksesori berbahan tembaga pada pameran virtual tersebut.

Dalam forum bisnis yang digelar sebagai salah satu rangkaian acara Pertamina SMEXPO 2020 pada Rabu (9/9/2020), ada beberapa calon pembeli dari berbagai negara yang tertarik pada hasil karya Nio El. 

Bahkan, seorang pembeli dari Amerika Serikat (AS) berniat untuk menjadikan karya Nio El sebagai aksesori pelengkap busana-busana yang dipamerkan dalam pagelaran ternama bertaraf internasional, New York Fashion Show.

"Saya minta katalognya ya. Bagus sekali, choker yang pertama seperti vintage, beautiful. Yang lain-lain (juga) bagus dipadu untuk fashion show,” ujarnya.

Bukan hanya Nio El, sejumlah UMKM mitra binaan Pertamina dari berbagai wilayah seperti Bogor, Jawa Barat, Semarang, Jawa Tengah, Madura, Jawa Timur, Ternate, Maluku Utara, dan Prabumulih juga berkesempatan memasarkan produknya dalam forum bisnis tersebut. 

Forum bisnis memberi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk bertemu dengan calon pembeli dari berbagai negara, (DOK. Pertamina) Forum bisnis memberi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk bertemu dengan calon pembeli dari berbagai negara,

Mereka menawarkan berbagai macam produk yang ditawarkan, mulai dari batik tulis, songket, kerajinan patung, sepatu dan sandal, aksesori, hingga kerajinan logam. 

Forum bisnis dalam pameran virtual Pertamina SMEXPO 2020 dapat memberi kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk berinteraksi dengan calon pembeli yang berasal dari berbagai negara, seperti AS, Australia, Jerman, Belanda, dan Timur Tengah. 

Selain calon pembeli dari berbagai negara, forum tersebut juga dihadiri oleh diaspora Indonesia yang memiliki beragam profesi dan akses kepasar UMKM di masing-masing negaranya. 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Forum Bisnis dalam Pertamina SMEXPO 2020 memang bertujuan untuk mempertemukan langsung para pelaku UMKM dengan para calon pembeli. 

"Memasarkan produk secara digital termasuk ke pasar ekspor, menjadi tren terbaru terutama bagi mitra binaan Pertamina. Kami akan terus menjembatani agar peluang bisnis yang besar ini bisa sukses sehingga pelaku UMKM bisa bangkit menghadapi pandemi Covid-19," ujar Fajriyah. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com