Advertorial

55 Tahun Eksis di Dunia Pendidikan, UK Maranatha Masuk Jajaran 100 Besar Universitas Terbaik

Kompas.com - 11/09/2020, 20:25 WIB

KOMPAS.com - Universitas Kristen Maranatha (UK Maranatha) memperingati hari jadinya yang ke-55, dengan menggelar sidang terbuka secara virtual, Jumat (11/9/2020).   

Pada sidang terbuka tersebut Rektor UK Maranatha Sri Widiyantoro mengatakan bahwa di usianya yang ke-55 UK Maranatha telah menorehkan sejumlah pencapaian membanggakan. 

UK Maranatha, kata Sri, saat ini sudah masuk ke dalam jajaran 100 besar perguruan tinggi terbaik. 

“Setidaknya ada empat pengakuan nasional dan internasional yang menempatkan UK Maranatha dalam peringkat 100 besar. Pertama adalah peringkat 79 dalam daftar Top Universities in Indonesia berdasarkan pemeringkatan uniRank (4ICU). Berikutnya adalah peringkat 56 Webometrics Ranking of World Universities 2020,” ujar Sri.   

Sri melanjutkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berdasarkan hasil klasterisasi perguruan tinggi, juga menempatkan UK Maranatha pada urutan ke-84 dari 2.136 perguruan tinggi di Indonesia.  

Upacara sidang terbuka dalam rangka dies natalis ke-55 UK Maranatha diselenggarakan secara daring (Jumat, 11/9/2020) (Dok. Medkom Maranatha) Upacara sidang terbuka dalam rangka dies natalis ke-55 UK Maranatha diselenggarakan secara daring (Jumat, 11/9/2020) (Dok. Medkom Maranatha)

Selain itu, di pemeringkatan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi oleh Kemendikbud, UK Maranatha memperoleh peringkat 52 di kategori perguruan tinggi nonvokasi nasional. 

Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik, ujar Sri, UK Maranatha juga memperlihatkan kemampuannya dalam beradaptasi di situasi pandemi dengan memberlakukan hampir seluruh aktivitas kampus secara online

Ia memaparkan dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru, UK Maranatha telah memiliki sistem informasi manajemen pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh.  

UK Maranatha juga telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk menjamin keamanan dan kesehatan para mahasiswa dan masyarakat kampus yang memang harus melakukan kegiatan di dalam kampus.

Bagian dari adaptasi kebiasaan baru, UK Maranatha melaksanakan upacara wisuda (Sabtu, 15/8/2020) memanfaatkan media daring dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (Dok. Medkom Maranatha) Bagian dari adaptasi kebiasaan baru, UK Maranatha melaksanakan upacara wisuda (Sabtu, 15/8/2020) memanfaatkan media daring dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (Dok. Medkom Maranatha)

Tidak hanya itu, Maranatha juga tengah mengembangkan kurikulum dengan profil lulusan industri 4.0. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kebijakan Kampus Merdeka yang digulirkan oleh Kemendikbud RI. 

“Adaptasi menjadi kata kunci untuk menghadapi tantangan demi tantangan, mulai dari penerapan protokol kesehatan, penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh, hingga tercetusnya kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang terkait langsung dengan pencegahan dan penanggulangan penyebaran hingga pengobatan Covid-19,” ujar Sri Widiyantoro.  

Bagikan beasiswa dan luncurkan program baru 

Pada perayaan dies natalis tersebut, UK Maranatha meluncurkan sejumlah program baru untuk tahun ajaran yang akan datang. 

Salah satunya, program khusus bagi mahasiswa baru yaitu Smart Scholarship, Smart Payment, dan Smart Saving. 

Sekretaris Umum UK Maranatha Robby Yussac Tallar mengatakan bahwa program-program tersebut diluncurkan untuk mempermudah lulusan SMA untuk menempuh studi di UK Maranatha. 

“Program-program inovatif ini diharapkan dapat membuka kesempatan lebih besar bagi para siswa SMA yang bercita-cita melanjutkan studi mereka di UK Maranatha, salah satu universitas terbaik di Indonesia,” ujar Robby. 

Tidak hanya itu, pada perayaan hari jadinya UK Maranatha juga memberikan keringanan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di perguruan tinggi tersebut. 

UK Maranatha memberikan beasiswa biaya pembangunan hingga 55 juta rupiah untuk para pendaftar yang memenuhi kriteria. 

“Ini sekaligus merupakan tanda syukur atas perjalanan Maranatha dari tahun 1965 hingga hari ini,” kata Robby.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com