Advertorial

Mencuri Perhatian Internasional, Pertamina SMEXPO 2020 Dikunjungi Peserta dari 28 Negara

Kompas.com - 11/09/2020, 20:32 WIB

KOMPAS.com - Perhelatan Pertamina SMEXPO 2020 bukan hanya menarik pengunjung dalam negeri, melainkan pengunjung dari mancanegara. Tak tanggung-tanggung, tercatat ada 28 negara asing yang mengunjungi Pertamina SMEXPO 2020.  

Dari 28 negara tersebut, pengunjung terbanyak berasal dari Amerika Serikat (AS).  

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, jumlah pengunjung mencapai 20.121 orang selama dua hari penyelenggaraan Pertamina SMEXPO 2020. Sebagian di antaranya, lanjut dia, merupakan pengunjung dari luar negeri. 

“Lebih dari 50 persen pengunjung dari luar negeri berasal dari AS, disusul kemudian dari Singapura, Malaysia, Australia, Belanda, Saudi Arabia, Taiwan, dan Jepang. Jadi, memang lengkap hampir dari seluruh benua yang datang mengunjungi Pertamina SMEXPO 2020,” ujar Fajriyah.  

Menurut Fajriyah, dengan besarnya minat para konsumen dan juga kolektor dari mancanegara, Pertamina SMEXPO 2020 diharapkan dapat memperluas pasar UMKM Indonesia agar semakin dikenal di pasar global.  

“Produk UMKM Indonesia memiliki keunikan, ragam etnik, dan berkualitas dunia sehingga bisa bersaing dengan produk dari negara lain. Banyak calon pembeli yang tertarik dengan keunggulan produk-produk kita (Indoensia),” ujar Fajriyah. 

Hal ini membuat Pertamina SMEXPO 2020 menjadi event penting bagi pelaku UMKM untuk saling berbagi pengalaman sekaligus mempromosikan produk unggulannya agar memiliki pasar luas di mancanegara. 

Tampilan dalam bazar virtual Pertamina SMEXPO 2020 (Dok. Pertamina) Tampilan dalam bazar virtual Pertamina SMEXPO 2020 (Dok. Pertamina)

“Pertamina terus mendorong pelaku UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan pandemi Covid-19 bahkan bisa lebih maju lagi dengan memanfaatkan teknologi digital yang sedang tren,” ujar Fajriyah. 

Saat ini, Pertamina mengajak pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan dan kapasitas bisnisnya untuk menjadi mitra binaan. Program ini dirancang untuk menjadikan pelaku UMKM lebih tangguh dan mandiri ke depannya.  

“Pertamina SMEXPO 2020 memberikan harapan besar akan kebangkitan UMKM di tengah pandemi Covid-19. Ke depan, pameran virtual bisa menjadi sebuah tren baru dalam mengembangkan bisnis UMKM agar bisa menembus pasar global,” ujar Fajriyah. 

Sebagai informasi, pelaku UMKM yang ingin mendaftarkan diri menjadi mitra binaan bisa langsung klik di sini

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com