Advertorial

Kurangi Polusi Udara, Pertamina Kampanyekan Pemakaian BBM Berkualitas

Kompas.com - 13/09/2020, 14:22 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III mengajak masyarakat untuk menggunakan bahan bakar kendaraan bermotor (BBM) berkualitas, seperti Pertamax Series dan Dex Series.

Unit Manager Communication Relations & Corporate Social Responsibility (CSR) MOR III, Eko Kristiawan mengungkapkan, penggunaan BBM berkualitas tersebut dapat membuat emisi gas buang kendaraan lebih sedikit sehingga mengurangi polusi udara.

Menurut Eko, BBM berkualitas memiliki formula aditif khusus, yakni antikarat untuk mencegah korosi. Kemudian ada detergen yang berfungsi membersihkan deposit di ruang bakar sehingga dapat menghasilkan pembakaran sempurna dan demulsifier untuk menjaga bahan bakar agar tidak terkontaminasi air.

Dengan kandungan aditif itu, produk bensin dengan angka oktan di atas 90 tersebut bisa menghasilkan pembakaran sempurna sehingga menghasilkan emisi gas buang lebih sedikit.

“Karena itu, masyarakat yang menggunakan BBM berkualitas tak hanya dapat menjaga mesin kendaraan, tapi turut serta menjaga kualitas udara supaya lebih bersih,” ujarnya dalam diskusi virtual interaktif MOR III bersama media massa dan Forum Wartawan Otomotif (FORWOT), Jumat (11/9/2020), seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Eko menambahkan, udara bersih menjadi salah satu kepedulian Pertamina saat ini. Pasalnya, udara bersih dapat meningkatkan kesehatan masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, tahap 1 pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada awal tahun 2020 lalu, berhasil menurunkan tingkat pencemaran udara di Jakarta.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, tingkat konsentrasi maksimum Particulate Matters (PM) 2,5 menurun sekitar 0,02 persen-35,07 persen di 5 stasiun pemantau kualitas udara (SPKU). Selain itu, selama PSBB, semua SPKU juga telah memenuhi angka baku mutu harian, yakni kurang dari 65ugram/m3.

Guna menjaga agar kualitas udara tetap baik, Pertamina telah memiliki beberapa varian produk BBM yang dapat digunakan sesuai dengan jenis dan spesifikasi kendaraan.

Bagi kendaraan dengan bahan bakar bensin dapat menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), atau Pertamax Turbo (RON (98). Sementara itu, untuk kendaraan diesel, bisa menggunakan varian produk Dexlite dan Pertamina Dex.

“Saat ini, ketika sebagian masyarakat sudah kembali menggunakan kendaraannya, kami mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kualitas udara dengan memakai BBM berkualitas tersebut,” kata Eko.

Dengan penggunaan bahan bakar beremisi rendah tersebut, masyarakat ikut berkontribusi menciptakan udara bersih, lingkungan asri, sehat, dan baik bagi keluarga.

Untuk informasi produk dan layanan Pertamina lainnya, Anda dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com