Advertorial

Program OVOO Pertamina Perluas Jangkauan Pelayanan LPG hingga ke Desa-desa

Kompas.com - 16/09/2020, 20:44 WIB

KOMPAS.com – Pertamina terus mempercepat program One Village One Outlet (OVVO) agar distribusi Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram (kg) dapat menjangkau wilayah pedesaan di seluruh Indonesia.

Pertamina menargetkan di setiap desa bakal tersedia satu pangkalan LPG 3 kg sehingga masyarakat di pedesaan mendapatkan energi yang bersih, hemat, dan ramah lingkungan.  

Hingga Agustus 2020, Pertamina telah mengembangkan 185.210 pangkalan LPG yang tersebar di 55.004 desa dan kelurahan dari total 66.691. Ini artinya realisasi program OVVO mencapai 82,5 persen dari target yang dicanangkan.

Sementara, jika dihitung dari wilayah kecamatan, pangkalan LPG 3 kg sudah menjangkau 5.585 dari total 5.608 kecamatan atau 99,6 persen dari seluruh kecamatan Indonesia. 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina terus berkomitmen memperluas jangkauan pelayanan LPG. 

“Pertamina akan memperluas pelayanan LPG hingga ke desa-desa dengan dua jenis outlet, yakni Pangkalan LPG 3 kg untuk LPG subsidi dan Pertashop untuk Bright Gas atau LPG Non-Public Service Obligation (NPSO),” ujar Fajriyah seperti dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Fajriyah menambahkan, program OVVO merupakan bukti nyata dukungan Pertamina terhadap program konversi minyak tanah ke gas dari pemerintah.

Sebagai langkah percepatan, perusahaan pelat merah itu terus membangun infrastruktur distribusi gas, seperti Depot LPG, jaringan pipa gas, dan stasiun pengisian dan pendistribusian bahan bakar elpiji (SPBBE). 

“(Pembangunan) diprioritaskan untuk menyasar ke wilayah timur Indonesia,” ujar Fajriyah.

Selain mengembangkan Pangkalan LPG 3 kg, tambah Fajriyah, lewat program OVOO, Pertamina juga terus mendorong pengembangan outlet Pertashop untuk mendistribusikan Bright Gas, bahan bakar minya (BBM), serta produk pelumas Pertamina. 

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 576 outlet Pertashop telah siap beroperasi sehingga bisa mendukung distribusi energi yang semakin merata sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi desa. 

Bagi Anda yang ingin ikut mendukung pengembangan distribusi energi Indonesia, Pertamina juga mengadakan program kemitraan untuk outlet Pertashop.

Anda bisa langsung melakukan pendaftaran di sini. Usai mendaftar, Pertamina akan melakukan proses verifikasi.

Bila verifikasi selesai dan disetujui, Pertamina akan menyodorkan kerja sama kontrak dalam jangka waktu 10 tahun agar Pertashop bisa beroperasi secara berkelanjutan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com